Reli Dakar

Sainz Menang Etape Pamungkas, Al-Attiyah Juara

- Sport
Minggu, 16 Jan 2011 03:06 WIB
Buenos Aires - Carlos Sainz berhasil memenangi etape ke-13 alias etape terakhir Reli Dakar 2011. Namun kemenangan itu tidak sanggup menghalangi langkah Nasser Al-Attiyah ke tangga juara.

Sainz mencatat waktu 1 jam 16 menit 8 detik saat melahap jarak 181 km yang terbentang antara Cordoba hingga Buenos Aires di ARgentina, Minggu (16/1/2011) dinihari WIB.

Al-Attiyah finis di posisi kedua, 38 detik di belakang Sainz. Meski menempatkan dua pembalapnya di posisi teratas, Volkswagen gagal menyapu bersih podium di etape ini karena di posisi ketiga ada pembalap BMW, Krzysztof Holowczyc.

Kemenangan Sainz tidak menghalangi langkah Al-Attiyah menuju gelar juara. Di klasemen akhir, pembalap Qatar itu mencatat waktu total 45 jam 16 menit 16 detik, unggul 49 menit di depan runner-up Giniel de Villiers.

Sainz, juara bertahan reli terkeras di dunia ini, harus puas finis di posisi ketiga dengan catatan waktu 46 jam 36 menit 54 detik alias selisih 1 jam 20 menit 38 detik dari Al-Attiyah.

"Ini adalah kemenangan yang hebat. Sulit untuk menjelaskan semua yang berkelebat di benak saya. Tapi ini adalah perasaan yang sangat menyenangkan," girang Al-Attiyah usai lomba seperti dikutip AFP.

Sementara itu di kelas motor, pembalap Spanyol Marc Coma berhasil merebut gelar ketiganya di Reli Dakar. Mengendarai KTM, Coma unggul atas rekan setimnya, Cyrill Despres, dan pengendara Yamaha, Helder Rodrigues.


(arp/roz)