detiksport
Follow detikSport
Rabu, 18 Jan 2012 16:18 WIB

Tour de Singkarak 2012 Digelar Awal Juni

- detikSport
Jakarta - Lomba balap sepeda internasional Tour de Singkarak 2012 akan digelar pada 4-10 Juni mendatang. Selain olahraga, event ini juga tetap akan menonjolkan sisi budaya dan pariwisata di Sumatera Barat.

Selain kenaikan jumlah pebalap dan negara peserta -- diikuti sekitar 120 atlet dari 15 negara--, pihak penyelenggara juga berusaha meningkatkan beberapa hal, seperti menambahkan dua kota ke daftar rute, dan membuat jalur balapan lebih menantang.

"Ada beberapa perbaikan teknis penyelenggaraan, yaitu rutenya menantang dan jarak yang tidak terlalu pendek," ujar Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar, dalam jumpa pers Tour de Singkarak 2012, di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Rabu (18/1/2012).

Rute minimal untuk tahun ini adalah di atas 100 km per etape. Tahun ini akan ada 7 etape, dengan Sijunjung dan Pesisir Selatan yang menjadi dua kota baru yang masuk rute. Total rute yang akan ditempuh pembalap adalah 800 kilometer, melewati 14 kota dan kabupaten.

Setiap kota dan kabupaten yang dilewati rute lomba akan menampilkan kesenian daerah masing-masing. Tidak hanya seni musik, tari dan kuliner, tapi juga kebudayaan dari daerah tersebut.

Pada hari terakhir acara, akan diadakan Festival Rendang di Padang. Festival yang menghasilkan 5,2 ton rendang ini diharapkan bisa menarik perhatian.

Sawahlunto dipilih menjadi titik start Tour, dan Padang finish-nya. Pemilihan daerah ini mengikuti konsep Tour de France, yaitu start bisa dinamis namun titik akhir harus berada di ibukota. Ibukota merupakan pintu masuk dan keluar daerah, sehingga dengan titik akhir di ibukota, kepulangan peserta akan semakin mudah.

"Lomba balap sepeda Tour de Singkarak ini sangat erat dengan kegiatan sport tourism, sehingga menjadi sarana efektif mempromosikan pariwisata yang dibingkai dalam Wonderful Indonesia," ujar Sapta.




(a2s/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed