detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 31 Mar 2012 00:58 WIB

Drifter Muda Indonesia Coba Angkat Nama di AS

- detikSport
detikSport/Resha Pratama
Jakarta - Satu lagi atlet muda dari dunia otomotif coba mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Bulan depan drifter muda, Adwitya Amandio, coba menaklukkan kejuaraan Drift Tingkat Dunia di Amerika Serikat.

Rio Haryanto, Doni Tata atau Rifat Sungkar adalah nama-nama yang cukup akrab di telinga para penggemar olahraga otomotif. Memegang bendera Indonesia, Rio tampil di ajang GP2 tahun ini, Doni Tata pernah menjajal MotoGP 250cc dan Super Bike, sementara Rifat lewat ajang reli Asia Pasifik.

Kini satu nama lagi yakni Amandio atau Dio mencoba menjajal kemampuan drifting-nya bersama tim William Syailendra Achilles (WSA) Drift Team dalam ajang Formula Drift (FD) Asia dan Formula Drift (FD) Amerika Serikat tahun ini.

Dio sendiri sebenarnya sudah berkecimpung di FD Asia sejak tahun 2010 dan untuk FD AS, drifter 19 tahun itu menjajalnya mulai tahun lalu.

Pada 2010 Dio berhasil masuk 16 besar di Drift Singapura, Thailand dan juga Malaysia. Lalu tahun lalu Dio sukses menduduki posisi ketiga di akhir musim FD Asia (Dio &WSA mengikuti seluruh seri).

Untuk FD AS, tahun lalu Dio hanya mengikuti dua seri, yakni Las Vegas dan Irwindale dan prestasi terbaiknya adalah finis di urutan 40 besar dari 60 drifter yang hadir.

Di musim 2012 ini, Dio dan timnya berencana mengikuti seluruh seri FD Asia yang berjumlah empat seri. Seri pertama dimulai di Malaysia bulan Mei, lalu seri kedua Singapura bulan Juni, seri ketiga di Thailand bulan September dan seri penutup akan digelar di Indonesia November.

Untuk FD AS sendiri, Dio dijadwalkan akan mengikuti lima dari tujuh seri yang ada. Lima seri itu adalah seri pertama di Long Beach (6-7 April), seri kedua di Atalanta (11-12 Mei), seri kelima di Monroe (20-21 Juli), seri keenam di Las Vegas (24-25 Agustus) dan seri penutup di Irwindale (12-13 Oktober).

"Tim mengharapkan Dio dapat memenuhi target yakni masuk 4 besar di setiap seri FD Asia dan juga 8 delapan besar di FD Amerika Serikat. Selain itu gelar juara di seri pamungkas FD Asia di Jakarta November, Dio mudah-mudahan bisa menjadi juara," ujar Prinsipal Tim, William Edward Daniel, dalam jumpa pers di Negev Restaurant, Jakarta, Jumat (30/3/2012) malam WIB.

"Mudah-mudahan saya bisa meraih hasil terbaik saat lomba di Asia dan Amerika Serikat. Ini demi membawa nama Indonesia juga di kancah Internasional. Saya ingin memperbaiki raihan saya tahun lalu di kedua event ini. Apalagi saya satu-satunya drifter Indonesia yang ikut ke sana," tandas Dio.

"Saya sudah siap untuk tampil di sana dan tidak masalah dengan cuaca," tuntas Dio.


(mrp/a2s)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com