detiksport
Follow detikSport
Senin, 04 Jun 2012 03:47 WIB

Tour de Singkarak 2012 Resmi Dibuka, Saatnya Menjelajahi Sumatera Barat

- detikSport
(detiksport/Afif Farhan) (detiksport/Afif Farhan)
Sawahlunto - Hari ini Minggu (3/6/2012), Tour de Singkarak 2012 resmi dibuka. Dengan lintasan lebih dari 500 km yang meliputi 14 kota dan kabupaten di Sumatera Barat, ada banyak keindahan dan tantangan bagi pebalap.

"Tour de Singakarak sangat unik, karena perpaduan antara wisata dan olahraga, yaitu sport tourism," kata Sapta Nirwanda, Wamen Parekraf dalam acara opening ceremony di lapangan Segitiga, Sawahlunto, Sumbar, Minggu (3/6/2012).

Acara pembukaan tersebut digelar pukul 20.30-22.00 WIB. Beberapa tamu undangan yang hadir adalah Wamen Parekraf Sapta Nirwanda, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Walikota Sawahlunto Amran Nur, Ketua PB ISSI Edmound JT Simorangkir dan para pejabat daerah Sumatera Barat.

Pembukaan tersebut pun berlangsung meriah, dengan pemukulan gendang sebagai simbolisasi pembukaan lomba, pesta kembang api dan tarian daerah. Masyarakat Sawahlunto seolah berpesta.

"Semoga masyarakat mendukung dengan ditutupnya jalan sebagai lintasan sepeda,"kata Irwan Prayitno, Gubernur Sumatera Barat.

Tour de Singkarak merupakan ajang terbesar perlombaan balap sepeda di Indonesia. Perlombaan ini akan menambah jam terbang atlit dan tempat untuk mendapatkan prestasi.

Tour de Singkarak edisi keempat ini juga menggandeng ASO (Amauri Sport Organization), sebagai pendukung kelancaran acara. ASO merupakan organizer dari Tour de France, sehingga standarisasi perlombaan mulai memasuki standarisasi internasional.

"Dalam waktu 4-5 tahun, kelas kita akan naik ke 2,1 atau 2,2," kata Sapta dalam sambutannya.

Di ajang Tour de SIngkarak 2012, ada sebanyak 250 pembalap dari 18 negara, seperti Australia, Iran, Rusia, Amerika, Belanda, Singapura, Jepang, Indonesia, dan masih banyak lagi. Mereka akan berlomba untuk menjadi juara dan mendapatkan hadiah sebear 1 miliar rupiah.




(aff/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed