Menpora Targetkan 5 Emas di Olimpiade 2016

- Sport
Jumat, 07 Sep 2012 13:56 WIB
Jakarta - Indonesia tak mampu mempertahankan tradisi medali emas Olimpiade 2012. Setelah gagal di London, empat tahun mendatang Indonesia memasang target tinggi untuk bisa meraih lima emas.

Cuma cabang angkat besi yang memberi Indonesia medali di Olimpiade London 2012 lalu. Sementara bulutangkis yang sebelumnya hadi andalam meraih emas, mengalami kegagalan total.

Meski baru gagal di Olimpiade, Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Mallarangeng, tetap memasang target tinggi di Olimpiade 2016 yang akan dilangsungkan di Rio De Janeiro. Tak tanggung-tanggu, Indonesia ditargetkan membawa pulang lima emas.

"Melihat dari hasil olimpiade kemarin. Tentu saja kami akan duduk bersama untuk membicarakan target kami ke depannya yaitu menargetkan lima emas di Olimpiade 2016. Khusunya dari cabang olahraga perorangan," ujar Andi di Kantor KOI, Jumat (7/9/2012).

Lima cabang olahraga tersebut, diantaranya bulutangkis, angkat besi, panahan, tinju, taekwondo dan dayung.

"Saya melihat potensi dari cabang olahraga perorangan sangat besar sekali. Tidak hanya lima, bahkan lebih. Kami akan rumuskan dengan PB (pengurus besar) masing-masing, punya materi tidak untuk ke sana. Seperti dayung juga sudah lumayan," sambung dia.

Andi menambahkan, dengan target tersebut tentunya masalah pendanaan akan menjadi fokus utama. Untuk itu ia berharap masalah pendanaan untuk para atlet-atlet yang akan terjun di Olimpiade mendatang akan berjalan lancar.

"Sebenarnya masalah dana kemarin telat karena SK (Surat Keterangan) masing-masing cabor harus turun satu-satu. Sehingga proses menjadi lama. Akan ada perubahan sistem yang lebih baik tentunya," tukas dia


(din/roz)