Menpora Janji Perbaiki Sistem Pendanaan Olimpiade

- Sport
Jumat, 07 Sep 2012 16:26 WIB
Jakarta - Salah satu penyebab kegagalan Indonesia di Olimpade 2012 adalah minimnya sokongan dana dari pemerintah. Mentri Pemuda Olahraga Andi Mallarangeng berjanji akan memperbaiki sistem pendanaan untuk event-event olahraga berikutnya.

Indonesia di Olimpiade 2012 hanya mampu meraih medali perak dan perunggu dari cabang angkat besi. Masalah pendanaan saat melakukan persiapan disebut-sebut sebagai kendala utama belum maksimalnya penampilan atlet-atlet lainnya.

"Saya akui memang kemarin terjadi keterlambatan. Permasalahannya itu adalah SK (Surat Keterangan) cabor-cabor yang tidak bisa keluar satu-satu. Harus sekaligus menunggu yang lolos terakhir di kualifikasi. Seperti kemarin cabang olahraga yudo yang sangat terlambat sekali," kata Andi di Kantor KOI (Komite Olimpiade Indonesia), Jakarta, Jumat (7/9/2012).

Andi mengatakan, dengan proses tersebut dana yang dikeluarkan pun terhambat. Untuk itu, ia akan mencoba membicarakan terkait proses pencairan dana yang lebih efisien.

"Saya sudah meminta Djoko Pekik dan yang lainnya untuk bicara bagaimana ke depan. Terkait proses urusan SK yang diperbaiki. Jadi dana dengan mudah turun. Tidak hanya olimpiade, ajang-ajang olahraga lainnya," tuntasnya dia.

(din/roz)