detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 12 Okt 2012 01:45 WIB

Di Peparnas Papua Berjaya di Kolam Renang

- detikSport
detiksport/Chaidir Tanjung detiksport/Chaidir Tanjung
Pekanbaru - Atlet-atlet paralimpik Papua berjaya di kolam renang di ajang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XIV di Pekanbaru, Riau. Mereka meraih medali emas terbanyak dengan 24 buah.

Dalam keterangan persnya di Media Center Utama di gedung Perpustakaan, Soeman Hasibuan, di jalan Sudirman, Pekanbaru, Kamis (11/10/2012), pelatih renang Papua, Jaya Kusuma, mengaku tak menyangkan timnya bisa mencatat prestasi tersebut.

"Target kita itu awalnya hanya 12 emas saja. Tapi rupanya, di lapangan terjadi hal yang berbeda. Atlet kami bisa menyampu 24 emas, 9 perak, 4 perunggu," terang Jaya.

Sorang atletnya, Kevin Yowey, bahkan mendapatkan tiga emas dan memecahkan rekor Asia Tenggara. Perenang yang baru berusia 14 tahun itu menembus waktu satu menit 01, detik di nomor 100 meter gaya bebas.

Ironisnya, atlet-atlet renang Papua ini menumpang berlatih di kolam renang milik TNI AD. Sebagian mereka bahkan masih melakukan latihan di alam, yaitu di laut.

"Untuk berenang ini, kita tidak memiliki fasilitas yang memadai. Hanya ada satu kolam renang milik TNI, itupun sebenarnya tidak standar. Tapi apa boleh buat, yang penting bisa untuk berenang," ujar Jaya.

"Atlet kami ini semuanya bakat alam yang kita latih. Mereka umumnya anak nelayan. Karena itu kita lebih banyak latihan di laut dengan ombak yang lumayan besar."




(a2s/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed