Pebalap Denmark Tewas di Balapan Le Mans 24 Hours

- Sport
Minggu, 23 Jun 2013 00:58 WIB
AFP/Jean Francois Monier
Paris - Lomba balap ketahanan Le Mans 24 Hours memakan korban setelah Allan Simonsen yang membalap untuk Aston Martin Racing mendapat kecelakaan fatal yang merenggut nyawanya.

Pebalap Denmark berusia 34 tahun itu mengalami kecelakaan setelah mobilnya melintir dan menghantam tembok di tikungan Tertre Rouge, Sabtu (22/6/2013) waktu setempat. Sisi pengemudi mobil Simonsen dilaporkan membentur tembok lebih dulu.

"Dalam kondisi yang serius, Allan Simonsen kemudian dilarikan secepatnya ke Pusat Medis Sirkuit di mana tak lama kemudian ia menghembuskan napas terakhirnya akibat cedera," tulis pihak penyelenggara balapan di Prancis itu seperti dikutip Reuters.

Sebelum akhirnya tutup usia di Le Mans 24 Hours tahun ini, Simonsen disebut sudah mengikuti ajang tersebut sebanyak tujuh kesempatan.

"Atas nama kami semua di Aston Martin Racing, saya ingin menyampaikan simpati dan duka cita sedalam-dalamnya kepada sosok bersangkutan dan pihak keluarga, teman, atau pihak tercinta atas tragedi hari ini," ucap Managing Director Aston Martin Racing John Gaw.

Kematian Simonsen adalah korban nomor sekian dalam balapan ketahanan (endurance) tertua yang digelar sejak 1923 di kota Le Mans, Sarthe, Prancis, tersebut. Tepat sebelum ini, meski sudah cukup lama berselang, ada Sebastien Enjolras yang meninggal dunia saat pra-kualifikasi 1997 dan Jo Gartner dalam balapan 1986.

(krs/mrp)