Kilas Balik Olahraga 2013 (Agustus)

Tontowi/Liliyana & Ahsan/Hendra Juara Dunia

- Sport
Senin, 30 Des 2013 22:48 WIB
Getty Images
Jakarta - Bulan Agustus menjadi puncak prestasi bulutangkis Indonesia di sepanjang 2013. 'Merah Putih' membawa pulang dua gelar juara dari Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Dalam turnamen yang digelar di Tianhe Indoor Stadium, Guangzhou, China, Indonesia menempatkan dua wakilnya di babak final. Mereka adalah Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di nomor ganda campuran dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di nomor ganda putra.

Tontowi/Liliyana lebih dulu merebut gelar juara usai memenangi laga final melawan wakil tuan rumah yang kala itu juga merupakan unggulan teratas, Xu Chen/Ma Jin. Setelah melewati pertandingan menegangkan selama tiga gim, Tontowi/Liliyana menang 21-13, 16-21, 22-20.

Bagi Tontowi, ini adalah gelar juara dunianya yang pertama. Sementara untuk Liliyana, ini ada gelar nomor tiga setelah sebelumnya meraih gelar ini di tahun 2005 dan 2007 bersama Nova Widianto.

Gelar juara juga dibawa pulang oleh Ahsan/Hendra. Menghadapi Mathias Boe/Carsten Mogensen (Denmark) di partai puncak, Ahsan/Hendra menang dua gim langsung 21-13, 23-21.

Ini menjadi gelar perdana untuk Ahsan. Sedangkan bagi Hendra, gelar tahun ini menjadi yang kedua setelah tahun 2007 bersama Markis Kido.

Dua gelar yang dibawa pulang dari China ini menyamai raihan tahun 2007. Kala itu, gelar juara untuk 'Merah Putih' dipersembahkan oleh Nova/Liliyana dan Kido/Hendra. Di tiga edisi berikutnya --2009, 2010, 2011-- Indonesia nirgelar.

Sementara itu, China juga mendapat dua gelar. Tuan rumah memenangi titel lewat wakilnya di nomor tunggal putra dan ganda putri.

Di nomor tunggal putra, Lin Dan membuktikan bahwa dirinya masih menjadi salah satu pebulutangkis terhebat di dunia. Harus melewati babak kualifikasi usai mendapat wildcard, Lin melibas lawannya satu per satu hingga akhirnya berjumpa dengan Lee Chong Wei di babak final.

Di final, Lin dan Chong Wei bertarung hingga tiga gim. Namun saat Lin memperoleh match poin di gim ketiga, Chong Wei mundur karena cedera dan Lin pun keluar jadi juara. Skor di pertandingan ini adalah 16-21, 21-13, 20-17.

Ini menjadi gelar kelima bagi Lin. Sebelumnya, dia jadi juara di tahun 2006, 2007, 2009, dan 2011.

Satu lagi gelar untuk China dipersembahkan oleh Wang Xiaoli/Yu Yang. Wang/Yu mempertahankan gelarnya usai mengalahkan Eom Hye Won/Jang Ye Na 21-14, 18-21, dan 21-8.

Gelar di nomor tunggal putri menjadi milik Ratchanok Intanon yang menang 22-20, 18-21, dan 21-14 atas Li Xuerui. Intanon yang masih berusia 18 tahun itu sekaligus menjadi pebulutangkis Thailand pertama yang menjadi juara dunia.

Sementara itu dari MotoGP, Marc Marquez makin menunjukkan tajinya sebagai rookie sensasional. Dia mencatatkan kemenangan kelimanya di musim balap 2013 dengan menjadi yang tercepat di seri ke-11 di Sirkuit Brno, Republik Ceko.



Dengan lima kemenangan itu, Marquez melampaui rekor rookie yang paling sering menang di musim pertamanya. Sebelumnya, rekor itu dipegang Kenny Roberts yang merengkuh empat kemenangan di musim pertamanya di kelas 500cc di tahun 1978.

Cal Crutchlow juga mengumumkan kepindahannya di bulan Agustus. Mulai musim balapan tahun depan, dia tak akan lagi membalap untuk Yamaha Tech 3 dan hijrah ke Ducati.

Dari lapangan tenis, kabar mengejutkan datang dari Marion Bartoli. Petenis asal Prancis berusia 29 tahun itu memutuskan untuk gantung raket hanya sebulan setelah dia memenangi gelar grand slam pertamanya di Wimbledon. Cedera menjadi alasan utama Bartoli untuk pensiun.

Sementara itu, Rafael Nadal meraih dua gelar di bulan Agustus. Usai jadi juara di Rogers Cup, petenis asal Spanyol itu juga merebut titel di Cincinnati Masters.

Di bagian putri, gelar juara Rogers Cup menjadi milik Serena Williams usai menang atas Sorana Cirstea. Namun dia gagal jadi yang terbaik di Cincinnati Open setelah dikalahkan Victoria Azarenka di babak final.

Dari NBA, Tracy McGrady yang sudah menginjak usia 34 tahun memutuskan untuk pensiun. Selama 16 tahun berkarier, pemain yang berjuluk T-Mac itu tercatat pernah memperkuat Toronto Raptors, Orlando Magic, Houston Rockets, New York Knicks, Detroit Pistons, Atlanta Hawks, Qingdao Eagles (China) dan San Antonio Spurs.

(nds/din)