Suwarno Gantikan Surya Dharma Sebagai Ketua Satlak Prima

- Sport
Selasa, 07 Jan 2014 19:56 WIB
Jakarta - Wakil Ketua Umum I KONI, Suwarno, dipilih oleh Ketua KONI Pusat sebagai Ketua Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima), menggantikan posisi Surya Dharma yang memutuskan mundur dari posisi tersebut.

Perubahan posisi tersebut diungkapkan Ketua KONI Tono Suratman secara informal ketika menanggapi pertanyaan terkait rencana restrukturisasi Prima. Saat ini perubahan posisi strategis itu belum resmi, karena SK-nya baru akan diterbitkan pada akhir Januari.

"Surya Dharma tetap di Prima, tapi bukan lagi jadi Kasatlak, tapi posisinya berpindah ke Dewan Pelaksana. Nanti wakil ketua umum I KONI Suwarno yang akan mengisi posisinya tersebut," kata Tono ketika ditemui di Jakarta, Selasa (7/1/2014).

Dijelaskan dia, pergantian ini agar pengawasan pembinaan atlet lebih bersinergi. Sebagai wakil ketua umum I KONI, Suwarno salah satunya punya tugas untuk membina, sementara Kasatlak juga memilliki tugas yang sama.

"Ini supaya sinergi saja dana pengawasannya lebih jelas," sambungnya.

Perubahan posisi tidak hanya akan terjadi di posisi puncak saja karena Satlak berencana melakukan efisiensi berupa penghapusan beberapa bidang.

"Efisiensi ini tidak bisa langsung dipangkas 50 persen. Ada beberapa bidang yang perlu ditiadakan. Seperti direktur nasional sport, nanti akan menyesuaikan organisasi di KONI," lanjut Tono.

Suwarno, ketika dikonfirmasi soal pergantian posisi, belum mau berbicara lebih banyak. "Saya belum dapat SK-nya. begini loh, penunjukan itu kan tergantung dari bapak-bapak itu. Kalau saya kan sekarang intinya sebagai wakil I membidangi salah satu di antaranya pembinaan prestasi," singkat Suwarno.

(mcy/din)