detiksport
Follow detikSport
Minggu, 05 Okt 2014 08:49 WIB

Asian Games 2014

Perenang Jepang Hagino Raih MVP Asian Games

- detikSport
MARTIN BUREAU/AFP/Getty Images MARTIN BUREAU/AFP/Getty Images
Incheon - Asian Games XVII/2014 di Incheon, Korea Selatan resmi ditutup kemarin. Selain mencatatkan China sebagai juara umum, ajang multicabang bangsa-bangsa se-Asia itu menahbiskan perenang Jepang Kosuke Hagino sebagai MVP alias atlet terbaik.

Perenang 20 tahun itu memang cemerlang di Incheon. Hagino yang juga berstatus mahasiswa Universitas Jepang itu meraup tujuh medali dari tujuh nomor yang diikuti, dengan empat di antaranya adalah medali emas.

Empat emas itu diraih dari nomor 200 dan 400 meter gaya ganti perorangan, 200 meter gaya bebas, dan nomor estafet 4x200 meter gaya ganti. Hagino mendulang perak dari nomor 400 meter gaya bebas dan medali perunggu dari 100 meter dan 200 gaya punggung. Sebutan Michael Phelps dari Jepang pun disematkan kepada dia.

Di nomor 200 meter gaya bebas menjadi pencapaian paling spektakuler Hagino di Asian Games. Perenang yang yang genap berusia 20 tahun pada 15 Agustus itu mengalahkan pemilik medali perak Olimpiade 2012 Sun Yang dan andalan Korea Selatan Park Have Twan.

"Saya bangga bisa memenangkan penghargaan ini. Saya tak menyangka bisa meraihnya di Asian Games pertama," ujar Hagino seperti dikutip Reuters.

Hagino menyisihkan tujuh atlet Asia lain yang masuk unggulan. Para pesaingnya tak cuma mereka yang bersinar di Incheon, tapi juga mempunyai rekam jejak yang hebat di Asian Games sebelumnya. Mereka adalah atlet anggar dari Korea Selatan Nam Hyun Hee yang meraih enam emas di Asian Games tahun ini, pesenam China Yao Jinnan (empat emas), pemain sepak takraw dari Thailand Peachan Suriyan (lima emas sejak 1998 hingga 2014).

Empat pesaing lainnya adalah petembak China Cai Yifei (tiga emas), lifter Korea Utara Kim Ung Uk (satu emas dan memecahkan tiga rekor dunia di kelas 62 kilogram). Atlet squash Malaysia David Nicol Ann (enam emas sejak 1998), dan judoka Korea Selatan di kelas 81 kilogram Kim Jae Bun.

Dengan terpilihnya Hagino sebagai MVP di Asian Games 2014, maka atlet dari Jepang menjadi atlet yang paling sering meraih MVP sejak diperkenalkan pada Asian Games di Bangkok 1998. Selain itu, MVP juga paling sering menjadi milik perenang. Sebelumnya, perenang Jepang Kosuke Kitajima dan Park Tae Hwan meraihnya pada 2002 dan 2006. Sprinter Koji Ito yang meraih penghargaan untuk pertama kalinya. Empat tahun lalu, MVP jatuh kepada pebulutangkis Lin Dan.

(fem/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed