Tim Jabar Juara Umum Musi Triboatton 2014

- Sport
Minggu, 30 Nov 2014 02:33 WIB
detikSport/Idam Khalid
Palembang -

Tim Jawa Barat keluar sebagai juara umum ajang Musi Triboatton 2014. Dalam perhelatan wisata olahraga yang memadukan tiga cabang dayung ini, Tim Jabar mampu 5 kali meraih juara pertama dalam 5 etape yang dipertandingkan.

Etape 5 ajang olahraga dayung tahunan itu digelar di Benteng Kuto Besak, Palembang, Sumatera Selatan, atau di dekat jembatan ampera, Sabtu (29/11/2014). Hadir juga Gubernur Sumsel Alex Nurdin, Chairman dan Penggagas Triboatton Sapta Nirwandar, serta Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri Kementerian Pariwisata, Tasbir.

Lomba berlangsung sengit dan menghibur. Sebab ajang ini memadukan wisata dan olahraga dalam satu event. Selain mengikuti lomba dayung cabang rafting, kayak, dan perahu naga, peserta yang terdiri dari 14 tim dari 8 negara ini juga dapat menikmati keindahan alam dan budaya Sungai Musi.

"‎Harapan para peserta, supaya diorganisasi lebih baik lagi. Kita evaluasi, Sungai Musi ini jadi kebanggaan bagi Sumsel yang punya sungai luar biasa dan besar. Mudah-mudahan apa yang udah dimulai ini makin kuat ke depannya baik," ujar Tasbir kepada awak media.

Sebelumnya, pada etape pertama memperlombakan rafting dengan jarak 35 KM dari Tanjung Raya, Empat Lawang hingga Jembatan Kuning‎, Tebing Tinggi, Empat Lawang. Pada cabang ini sebenarnya diberi waktu 6 jam, namun para peserta mampu menyelesaikan tantangan dalam kurun 2,5 jam.

Riau yang tampil sebagai juara pertama, memiliki selisih waktu 37 detik dengan juara dua dari Tim Sumsel 1. Pertarungan sengit terjadi pada posisi tiga dan empat, yaitu hanya berselisih satu detik. Sumsel 2 berhasil merampungkan etape pertama dengan waktu 2 jam 15 menit 37 detik, sedangkan Aceh yang berada di urutan empat memilik waktu 2 jam 15 menit 38 detik.

Sementara pada cabang kayak jarak 250 meter, Tim Jawa Barat tampil sebagai juara pertama dengan waktu 1 menit 11.71 detik, kemudian disusul Tim Sumsel 1 dan Tim Riau di posisi 3.

Etape dua digelar di Dermaga Muara Kelingi, Musi Rawas.‎ Rafting dan kano pun ditampilkan. Juara pertama rafting diraih Tim Sumsel 2 dengan waktu 1 menit 21.30 detik. Posisi dua direbut Tim Singapura dengan waktu 1 menit 21.42 detik dan Tim Riau juara tiga dengan waktu 1 menit 22.01 detik.

Sedangkan untuk kano, Sumsel 1 tampil sebagai juara pertama dengan waktu 1 menit 23.16 detik, disusul Tim Jabar di urutan kedua dengan waktu 1 menit 23.47 detik, dan Tim Sumsel 2 di posisi 3 dengan waktu 1 menit 27.83 detik.

Sementara etape 3 di Dermaga Air Balui, Sekayu Kabupaten Musi Banyu Asin (Muba), menampilkan perlombaan perahu naga atau dragon boat 250 meter. Pada lomba itu, Tim Jawa Barat meraih juara pertama, disusul Tim Bangka Belitung pada posisi dua, dan Tim Jambi di urutan tiga.

Etape 4 kembali memperlombakan perahu naga dan kayak 250 meter digelar di Pangumbuk, Kabupaten Banyu Asin‎.‎ Tim Jawa Barat menyapu bersih dengan tampil menjadi juara satu pada dua cabang tersebut. Juara dua perahu naga direbut Tim Philipina dan Bangka Belitung pada posisi tiga. Sedangkan pada cabang kayak, juara diraih Tim Jambi dan juara 3 direbut Tim Sumsel 1.

Sementara pada Etape 5 yang mempertandingkan perahu naga dengan jarak 250 meter, Tim Jabar kembali meraih juara pertama.

(idh/roz)