detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 18 Agu 2015 14:09 WIB

Perkenalkan, Theodora Paulina Juara Olimpiade Catur di Brasil

Moksa Hutasoit - detikSport
detikSport/Moksa Hutasoit detikSport/Moksa Hutasoit
Jakarta - Umur Theodora Paulina Walukow belum menginjak 11 tahun. Namun torehan prestasinya sudah membuat orang berdecak kagum.

Theodora tampil sebagai juara di ajang World Schools Chess Championships 2014 yang dilangsungkan di Juiz de Fora, Brasil. Ajang tersebut berlangsung pada 26 November-4 Desember 2014 lalu.

Dalam kejuaraan dunia catur itu, Indonesia menyabet empat medali emas, tiga medali perak dan satu perunggu. Medali emas itu masing-masing diraih oleh Novendra Priasmoro di kelompok putra open U-15, Medina Warda Aulia kelompok putri U-17, Afifa Ayyun Faruq di kelompok putri U-15 dan Theodora di kelompok putri U-11.

Sebagai salah satu pelajar berprestasi, Theodora pun berkesempatan untuk berdiskusi langsung dengan Presiden Joko Widodo di halaman belakang Istana Bogor, Selasa (18/8/2015).

"Coba ceritain kenapa kamu juara. Karena negara lain bodoh atau apa?" kata Jokowi yang disambut tawa tamu undangan.

Karena gugup, Theodora tidak bisa menjawab. Setelah ditanya beberapa kali, dengan polos Theodora hanya menjawab juara karena menang.

"Saya melawan negara lain, saya menang," kata siswi SD St Fransiskus 3 Jakarta Timur ini.

"Beberapa saya tanding, saya menang, itu yang dinilai yang paling banyak menang," jelas Theodora.

"Berarti karena kamu pinter," imbuh Jokowi.

Ditemui usai acara, Theodora mengaku pesaingnya datang dari banyak negara. Mulai dari Peru, India, Inggris hingga Meksiko.

"Yang paling susah lawan India, paling gampang dari Inggris," katanya.

Kecintaan Theodora terhadap catur muncul sejak kelas 2 SD. Untuk menghadapi kompetisi tersebut, dia tekun berlatih dua hingga tiga jam sehari. Meski begitu dia tak sampai harus mengorbankan mata pelajaran di sekolah.

Persiapannya juga dibantu pelatih dan beberapa kali melakukan latihan tanding dengan sejumlah master nasional. Kini Theodora tengah bersiap untuk kejuaran internasional lainnya di Yunani.

(mok/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed