detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 02 Okt 2015 23:56 WIB

Tarian Daerah, Panggung Musik, dan Kembang Api Buka Tour de Singkarak

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Detiksport/Rifqi Ardita Detiksport/Rifqi Ardita
Pesisir Selatan -

Tour de Singkarak 2015 resmi dibuka. Pesta pembukaan digelar meriah dengan tarian daerah, hiburan musik, dan ditutup dengan letupan-letupan kembang api.

Acara pembukaan Tour de Singkarak berlangsung di lapangan Pantai Carocok, Kabupaten Pesisir Selatan, Jumat (2/10/2015) malam WIB, yang juga berdekatan dengan lokasi start balapan besok pagi. Acara dimulai dengan Tari Payuang khas Sumatera Barat.

Sambutan-sambutan dari pejabat terkait seperti Chairman Tour de Singkarak Sapta Nirwandar, Ketua PP ISSI Raja Sapta Oktohari, Deputi Pengembangan Pariwisata Indonesia Kemenpar Esti Reko Astuti, dan sejumlah pejabat daerah Sumatera Barat lantas menyambung acara. Tour de Singkarak kemudian secara resmi dibuka dengan pemukulan kendang bersama-sama oleh para pejabat tersebut.



Kerumunan penonton kemudian dihibur lantunan lagu dari band Wali, meski sempat mengalami kendala. Listrik sempat mati saat grup musik tanah air itu tengah menyanyikan lagu pertama.

Setelah terhenti untuk beberapa saat, acara pun dilanjutkan setelah problem teratasi. Acara pembukaan pada prosesnya ditutup dengan pesta kembang api.

Kabupaten Pesisir Selatan sendiri sempat dilanda hujan deras sepanjang sore. Hujan ini diharapkan bisa membuat ancaman kabut asap hilang untuk balapan besok.

"Saya lihat hari ini dan kemarin juga sudah hujan. Semoga tidak ada asap lagi, dan acara ini bisa berjalan sampai akhir penutupan nanti, " ujar Raja dalam sambutannya.

Hari ini asap tipis masih menyelimuti kota Padang. Jarak pandang berkisar di angka tiga kilometer.

(raw/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed