DetikSport
Minggu 22 November 2015, 07:59 WIB

Asian Games 2018

Indonesia Hitung Mundur 1.000 Hari Menuju Asian Games 2018

Mercy Raya - detikSport
Indonesia Hitung Mundur 1.000 Hari Menuju Asian Games 2018 Mercy Raya/detikSport
Palembang -

Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang tinggal 1.000 hari lagi. Penghitungan mundur (count down) pesta olahraga bangsa-bangsa se-Asia itu dihelat dengan pesta sederhana di kota Palembang, Sabtu (21/11/2015).

Agenda itu dimulai dengan pelepasan seribu lampion di danau Palembang Icon dan dinyalakannya sirene. Hadir di acara itu Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Wakil Ketua Umum KOI Muddai Madang, Wakil Ketua Umum KONI Suwarno, Walikota Palembang Harnojoyo.

Acara kemudian dilanjutkan dengan aksi panggung atlet dari beberapa cabang olahraga, pencak silat, karate, wushu, dan senam. Agenda yang tak kalah penting adalah pemaparan pembagian venue-venue dengan cabang olahraganya di kawasan Kompleks Stadion Jakabaring.

"Dengan penghitungan mundur secara simbolis ini, maka momen ini menjadi peringatan kita bahwa banyak hal yang harus kita lakukan, banyak yang harus kita benahi. Tapi dengan kita semua kompak, menyatu, dengan semangat dan pengalaman kita bukan tidak mungkin jadi bisa," kata Alex Noerdin dalam sambutannya.

Dilanjutkan Alex, penghitungan mundur 1.000 hari menuju Asian Games ini menjadi alarm bagi semua pihak yang terkait untuk menyiapkan ajang itu. Palembang sendiri masih memiliki banyak Pekerjaan Rumah untuk mampu disebut layak menjamu para kontestan AG 2018.

"Tiga tahun menuju Asian Games 2018 tidak akan terasa. Banyak hal yang harus dikerjakan khususnya soal infrastruktur," ucap dia.

Fasilitas dan infrastruktur itu di antaranya membangun tiga ruas jalan tol, jembatan musi, Light Rail Transit (LRT) sepanjang 24,5 km dari bandara sampai kawasan Stadion Jakabaring, rumah sakit baru, penambahan kapasitas air bersih, under pass dan flyover.

"Semua itu harus selesai enam bulan sebelum Asian Games. Jadi enam bulan menuju penyelenggaraan, kota sudah harus bersih dari pembangunan," tambahnya.

Tak hanya soal pembangunan, Sumsel juga butuh dukungan untuk mempromosikan multievent empat tahunan kepada publik.
 
"Kami perlu dukungan semua pihak untuk ikut membantu mempromosikan Asian Games. Rencananya, kami juga ada program road show ke beberapa kota besar di Asia. Kami juga akan mulai menggenjot sumber daya manusianya untuk perekrutan volunteer," ucap dia.


(mcy/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
BERITA TERBARU +