DetikSport
Minggu 22 November 2015, 12:25 WIB

Asian Games 2018

Pembangunan Fisik Wisma Atlet Palembang Sudah Tuntas 75 Persen

Mercy Raya - detikSport
Pembangunan Fisik Wisma Atlet Palembang Sudah Tuntas 75 Persen detikSport/Mercy Raya
Palembang -

Pembangunan secara fisik tiga tower wisma atlet untuk Asian Games di kawasan Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan, sudah selesai 75%. Sisanya ditargetkan tuntas akhir Desember.

Sebanyak 450 pekerja bangunan diturunkan dalam pengerjaan tiga tower wisma atlet di kawasan Jakabaring Sport Center, Palembang, Sumatera Selatan. Menggunakan kontraktor dari PT Waskita, Palembang memulai pembangunan wisma atlet sejak Agustus lalu, dan direncanakan selesai secara fisik akhir Desember mendatang.

Demikian keterangan itu diperoleh kepala lapangan proyek, Rizal, di sela-sela pekerjaannya. Rizal yang ditunjuk PT Waskita untuk menjadi kontraktor mengungkapkan pengerjaan tower dengan luas 60x12,5 meter persegi ini sudah mencapai 75 persen.

"Sekarang sudah selesai sekitar 75 persen, masih kurang 25 persen lagi untuk bisa menyelesaikan semua sampai akhir Desember nanti," kata Rizal.



Namun demikian, pria berusia 47 tahun itu menjelaskan bahwa "selesai" yang dimaksud bukanlah berarti tower ini sudah bisa difungsikan sebagai wisma atlet sebagaimana tujuan gedung tersebut dibangun, melainkan lebih kepada penyelesaian secara fisik.

"Karena kalau mau dibuat seperti wisma atlet tentu harus ada air dinginnya, air panas, AC (air conditioner), sementara yang kami bangun kesepakatannya tidak sampai sejauh itu. Proyek yang kami lakukan adalah proyek rusunawa, yang ke depannya menjadi wisma atlet," ungkapnya.

Dijelaskan dia, satu tower terdiri dari lima lantai dan 66 kamar. Setiap hunian menggunakan tipe 36, yang terdiri dari rangka kamar mandi, dua kamar tidur (kamar utama dan kamar anak-anak), dapur serta ruang tamu.

"Itu kalau konsep rusunawa. Tapi ini kan buat wisma atlet jadi kami buat rangkanya saja, ke depan jika ingin diubah sesuai dengan wisma atlet itu akan berjalan dan akan diupgrade terus, karena ini kan dananya menggunakan dana APBN," papar pria asli Sumatera Barat ini.



Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan nantinya total akan ada 16 tower wisma atlet di Palembang untuk menampung sekitar 7.000 atlet. Namun untuk saat ini pihaknya fokus pada penambahan tiga tower dulu.

"Kami sudah punya tiga tower wisma atlet, sekarang sedang dibangun tiga tower lagi. Itu rencananya selesai akhir Desember ini. Awal tahun 2016 akan dibangun kembali lima tower, kemudian tambah lagi lima tower kemudian," ungkap Alex.



Di samping tower, saat ini pihaknya juga sedang dalam tahap penyelesaian infrastruktur yang lain. Seperti pembangunan tiga ruas jalan tol, dua jembatan musi, LRT (Light Rail Transit) dari airport menuju Jakabaring, dan perbaikan sejumlah venue.

"Dalam 2,5 tahun menyelesaikan itu memang berat. Tapi kalau ada film mission imposible, maka kita jadikan itu mission possible," katanya.

Alex menyatakannya dengan berkaca pada pembangunan SEA Games 2011 dan Islamic Solidarity Games; kala itu Indonesia ditunjuk sebagai penyelenggara multievent dua tahunan tersebut.

"Kita sudah buktikan 11 bulan saat persiapan SEA Games, dan hanya dua bulan untuk Islamic Solidarity Games. Nah ini masih hampir tiga tahun, Insya Allah yakin kita bisa," pungkasnya.




(mcy/krs)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed