detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 29 Nov 2015 07:15 WIB

Kalahkan Wladimir Klitschko, Tyson Fury Kuasai Tinju Kelas Berat

Doni Wahyudi - detikSport
Reuters / Lee Smith Livepic Reuters / Lee Smith Livepic
Dusseldorf -

Tyson Fury kini menjadi penguasa tinju kelas berat dunia. Petinju asal Inggris itu membuat kejutan dengan mengalahkan Wladimir Klitschko dengan kemenangan angka mutlak, Minggu (29/11/2015) dinihari WIB.

Ketiga juri pertandingan seluruhnya memberikan kemenangan untuk Fury, yakni dengan kedudukan 115-112, 115-112, dan 116-111. Fury pun menyudahi dominasi Klitschko yang dalam sembilan tahun terakhir menjadi penguasa tinju kelas berat.

Kemenangan ini membuat Fury kini menyandang gelar juara dunia WBA, IBF, IBO dan WBO. Petinju berusia 27 tahun itu kini mencatatkan rekor 25-0, di mana 18 kemenangan di antaranya didapat dengan KO.

Untuk Klitschko, ini menjadi kekalahan pertama dia dalam 11 tahun ke belakang. Rekor petinju asal Ukraina pemilk gelar PhD itu kini menjadi 64 (53 KO)-4-0.



Mengandalkan kecepatannya, Fury tampil lebih baik dibanding Klitschko di ronde pertama. Kombinasi pukulan Fury berulang kali merepotkan Klitschko, yang tak terbiasa menghadapi lawan dengan sosok lebih besar darinya.

Di ronde kedua Klitschko mencoba menekan lawannya dengan beberapa jab kirinya yang masuk sasaran. Tapi pukulan bertenaga dari tangan kanan Fury memukul mundur Klitschko.

Pada ronde delapan Fury berhasil melukai Klitschko. Pipi petinju asal Ukraina itu mengeluarkan darah akibat beberapa pukulan yang masuk. Satu ronde berselang upercut kiri Fury berhasil melukai mata kanan Klitschko.

Memasuki ronde terakhir, Klitschko yang kalah dalam pengumpulan angka, mencoba mengeluarkan seluruh kemampuannya untuk menjatuhkan Fury dan meraih kemenangan KO. Namun upayanya tidak berhasil. Juri pada akhirnya memberikan kemenangan angka mutlak pada Fury.

(din/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com