Erick Thohir Ingatkan Biaya ke Olimpiade Rio Lebih Mahal ketimbang London

Mercy Raya - Sport
Rabu, 02 Des 2015 19:58 WIB
Tom Dulat/Getty Images
Jakarta -

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia, Erick Thohir, wanti-wanti agar anggaran Olimpiade 2016 Rio de Janeiro diutamakan. Sebab, dia memperkirakan kontingen 'Merah Putih' membutuhkan dana lebih besar ketimbang saat di London.

Olimpiade 2016 sudah tinggal menyisakan waktu tujuh bulan. Dengan penerbangan Jakarta ke Rio de Janeiro yang lebih panjang dan apa-apa yang lebih mahal di Brasil, KOI membutuhkan dana lebih besar ketimbang saat memberangkatkan kontingen ke London.

Menilik Olimpiade 2012 London, pemerintah menganggarkan dana sebesar Rp 26,6 miliar untuk kontingen Indoensia yang diisi 41 atlet dan ofisial (21 atlet dari tujuh cabang olahraga). Dana itu dialokasikan untuk untuk uang saku, penginapan dan konsumsi serta penerbangan.

"Jangan sampai nanti saling salah menyalahi, karena memang yang saya ketahui sendiri ongkos tinggal dan perjalanan di sana lebih mahal dari London. Jadi harus segera dipikirkan," kata Ketua Umum KOI, Erick Thohir, kepada pewarta di Senayan, Rabu (2/12/2015).

"Saya cuma khawatir saja karena Brasil ini kan lebih jauh kualitasnya daripada London. Harga hotelnya lebih mahal, tapi kualitasnya di bawah London, dan itu cukup mempengaruhi mental atlet selama di sana. Jadi penting sekali untuk tim melihat kondisi-kondisi di sana," ujar Presiden Inter Milan itu.

Sementara itu, Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora Djoko Pekik memberikan batas waktu sampai 25 Desember kepada Satlak Prima untuk mengajukan anggaran. Dia menyebut belum bisa menyebut nominal secara detail anggaran Olimpiade 2016.

"Harapannya sama, deadline kebutuhan peralatan dan perlengkapan paling tidak tanggal 25 Desember sudah diterima dari satlak. Kami akan verifikasi selama lima hari," kata Djoko.

"Tapi kalau dari PB ke satlak tentu harus dari awal. Jadi harapan kami 1 januari sudah mulai kita proses. Anggaran Prima 600 miliar, kami bagi uang saku, try out dan sebagainya. Salah satunya di antaranya peralatan. Itu biaya untuk satu tahun salah satunya untuk Olimpiade," ucap dia.

(mcy/fem)