detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 24 Des 2015 12:30 WIB

Tahun Depan, Kejuaraan Karate SBY Cup Kembali Digelar

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Detiksport/Hasan Alhabshy
Jakarta - Kejuaraan Karate kembali digelar oleh mantan presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, untuk ke-13 kalinya tahun depan. Berbeda dengan edisi sebelumnya, kejuaraan tersebut tak hanya melibatkan atlet lokal namun juga mancanegara.

Kejuaraan yang memperebutkan Piala Bergilir Susilo Bambang Yudhoyono untuk tahun 2016 nanti diberi nama Southeast Asia Karate Championship SBY Cup XIII, dan akan digelar pada 25-27 Februari.

Berbeda dengan edisi sebelumnya di mana hanya diselenggarakan untuk tingkat nasional, kini ajang tersebut melibatkan 2.000 peserta yang berasal dari 34 Provinsi, 12 negara di Asia Tenggara, dan enam Negara Timur Tengah. Acara yang rencananya dibuka langsung oleh SBY tersebut akan digelar di Sports Mall Mahaka Square Kelapa Gading, Jakarta Utara.

"Kami diberi kepercayaan penuh oleh Pak SBY dan Ibu Ani Yudhoyono untuk meningkatkan Level Kejuaraan SBY Karate Cup ke jenjang Internasional, dimana pada SBY CUP XIII kami mengundang peserta dari negara-negara Asean dulu, pada tahun berikutnya kami akan mengundang negara-negara di Asia Pasific dan Eropa" kata Ketua Harian Inkai dan Sekoci, Nelwan Rompis, dalam jumpa pers pekan ini.

SBY Cup tahun depan akan mempertandingkan nomor kata dan komite mulai usia dini sampai senior hingga veteran. Lalu melibatkan puluhan wasit dan juri Inkai dan perguruan yang telah mengikuti penataran wasit dan juri, serta memiliki sertifikat wasit dan juri dari FORKI yang bertaraf internasional.

"Seperti kita ketahui cabang karate telah berhasil menyumbangkan 2 medali emas untuk indonesia dalam ajang kelas dunia, melalui ajang SBY CUP yang digelar secara rutin setiap tahunnya kami mengharapkan dapat menjadi ajang Try Out para atlet menjelang PON dan berhasil mencetak Regenerasi Atlet terbaik dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional," timpal Ketua Pelaksana SBY CUP XIII Jackson Kumaat.

"Para atlet, dojo, perguruan berharap agar SBY Cup tidak berhenti di sini dan terus berlanjut. Melihat besarnya minat pada even ini, kami pun menaikan levelnya ke tingkat Internasional," sambungnya.

Lebih lanjut, Jakcson berharap kejuaraan menjadi sarana pembinaan mental sportivitas, prestasi, dan mencetak atlet berbakat di level nasional dan internasional.

"SBY Cup akan berkontribusi nyata untuk menjadikan generasi muda yang sehat dan wadah pembinaan mental, dan berprestasi, terutama untuk menjaring bibit Karateka berbakat."

Marting Mangungsong selaku Ketua Forki DKI Jakarta mengaku acara ini sangat membantu Forki untuk menjaring bibit berpotensi Karateka. Selain itu, kejuaraan yang mulai dilaksanakan sejak 2004 ini merupakan ajang menguji kemampuan para Karateka.

"Ajang ini sangat membantu kami melahirkan Karateka berbakat. Hingga sekarang sudah banyak Karateka beprestasi yang lahir dari SBY CUP, baik di level Nasional maupun Internasional," ujar Martin.

(mrp/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com