DetikSport
Kamis 14 April 2016, 15:23 WIB

Luncurkan Program Pertamax Motorsport, Pertamina Ingin Jaring Bibit-Bibit Pebalap

Lucas Aditya - detikSport
Luncurkan Program Pertamax Motorsport, Pertamina Ingin Jaring Bibit-Bibit Pebalap Foto: Lucas Aditya
Jakarta - Regenerasi merupakan sebuah aspek penting untuk terus mencetak prestasi dalam olahraga. Sebuah program di ajang adu cepat sudah diluncurkan untuk memuluskan regenerasi pebalap Indonesia.

Program itu bertajuk Pertamax Motorsport Program (PMP). Perusahaan minyak negara, Pertamina, yang menggagas program tersebut.

Hal itu seperti disampaikan oleh VP Retail Fuel Marketing Pertamina, Affandi, dalam perluncuran program yang berlangsung di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (14/4/2016) siang WIB.

Ada empat nomor balap yang didukung Pertamina dalam program ini, mereka juga menyokong empat tim di nomor balap itu. Tim-tim itu adalah Pertamax Drift Team, Pertamax Rally Team, Pertamax Dragbike Team, dan Pertamax Offroad Team.

Tim-tim itu diperkuat oleh pebalap-pebalap seperti Rifat Sungkar, Rizal Sungkar, Yedidiah, Rio Saputro, dan Lucky Reza.

Selain membentuk tim, ada tiga event yang akan dijadikan sebagai ajang untuk mencari bibit pebalap. Pertamax Drifting Championship, Pertamax Racing Sprint Rally Championship, dan juga Pertamax Dragbike Championship merupakan ajang-ajang itu.

"Kami membentuk Pertamax baik tim maupun event. Pertamina mendukung untuk mencari bibit-bibit balap baru, pemuda dan pemudi. Next generation-nya Rifat," kata Affandi dalam sesi jumpa pewarta.

"Saat ini kami masih fokus untuk membangun manusianya, kami belum ada rencana untuk membangun sirkuit baru. Sirkuit yang ada sekarang saja masih jarang digunakan. Kami tak ingin membangun monumen baru," imbuhnya.

Pertamina menunjuk RTF Racing sebagai 'eksekutor' PMP ini. Rifat Sungar sebagai pebalap dan pimpinan RFT memberikan penjelasan mengenai pemilihan dragbike sebagai event yang dipilih di kelas motor.

"Dibandingkan dengan acara balap motor lain, acara drag itu pesertanya paling banyak. Antara 500-800 peserta. Sementara road race sekitar 400-an. Dengan jumlah yang banyak itu, dragbike cocok untuk mencari bibit baru. Pebalap yang tersaring nanti bisa diarahkan," ujar Rifat.

"Akan ada 4 event dragbike, 3 event sprint rally, dan 2 event drift. Karena Jawa masih menjadi pasar terbesar, acara itu akan berlangsung di sini," imbuhnya.

Ketika ditanya apakah bagaimana tindak lanjut dari hasil dari scouting ini rifat memberikan jawaban.

"Ada niat ke sana (membuat suatu akademi). Tapi, harus dilakukan selangkah demi selangkah," imbuhnya.



(cas/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed