DetikSport
Kamis 21 Juli 2016, 17:53 WIB

Bali International Triathlon 2016 Digelar 14 Agustus

Mercy Raya - detikSport
Bali International Triathlon 2016 Digelar 14 Agustus Foto: detikSport/Mercy Raya
Jakarta - Perhelatan Bali International Triathlon 2016 akan digelar pada 14 Agustus mendatang dengan menargetkan 1.500 peserta dari dalam dan luar negeri.

Bali International Triathlon kali ini merupakan yang ke-9 kalinya sejak kali pertama dihelat pada tahun 2007 silam. Tahun ini ajang itu menggunakan kawasan Sanur sebagai lokasi perlombaan, bukan lagi Jimbaran.

Sport Manajer Bali Internasional Triathlon Panji Buana mengatakan alasan pemilihan Sanur sebagai titik sentral dikarenakan Jimbaran sudah terlalu padat untuk perlombaan.

"Jadi nanti untuk lomba renangnya akan dilakukan di pantai Mertasari. Di sana terkenal dengan spot matahari yang bagus. Sementara untuk lomba sepedanya akan melewati Jl. Ngurah Rai dan para peserta akan melewati beberapa desa dan hotel di sana," kata Panji, dalam jumpa pers yang digelar di Plaza FX, Senayan, Jakarta, Kamis (21/7/2016).

Ada dua kategori dalam lomba tiga cabang (renang, lari, sepeda) ini yaitu Olympic Distance dan Sprint Distance. Kategori Sprint Distance sendiri dibagi lagi ke dalam dua kelas yakni individu dan relay.

"Untuk Olympic peserta akan berenang sepanjang 1,5 km, kemudian sepeda 40 km, dan lari 10 km. Sedangkan sprint akan berenang sepanjang 500 meter, sepeda 20 km, dan lari 5 km. Di kelas ini untuk relay pesertanya bisa adalah tim, jadi masing-masing cabang akan dilakukan masing-masing," ucap Panji

Ia optimistis gelaran tahun ini akan lebih banyak menyedot animo masyarakat. Pasalnya selain view yang ditawarkan juga baru, ia juga melihat dua pekan jelang perlombaan sudah ada sekitar 1.064 peserta yang mendaftar untuk ikut.

Beberapa nama atlet nasional seperti Jauhari Johan, Andi Wibowo, hingga mantan Olimpian Richard Sam Bera juga akan ikut ambil bagian. Sedangkan dari peserta asing di antaranya ada Robins Mitchell, juara bertahan Bali Triathlon dari Australia. Selain itu ada peserta dari Jepang, Korea, dan Australia.

"Sekarang ini sudah ada 1.064 yang mendaftarkan diri untuk ikut. Hampir 90 persennya adalah peserta dari lokal. Sementara sisanya adalah peserta asing," sebut Panji.

Faktor keamanan tidak lepas dari perhatian panitia pelaksana. Salah satunya adalah disiapkannya beberapa titik water station, dengan jarak masing-masing 2,5 km. Begitu saat berenang di laut, panitia juga menyiapkan life guide sebagai bentuk keamanan kepada peserta.

"Setidaknya ada 14 life guide. Mereka nantinya tidak akan diam di beberapa titik tetapi akan berputar supaya ketika ada peseta yang angkat tangan minta bantuan bisa segera diatasi. Sementara itu, kami juga sudah berkerjasama dengan pihak keamanan dan pacalang untuk membantu dalam hal keamanan. Mereka siap membantu untuk menyukseskan acara ini," jelas Panji.

Sementara itu, Richard Sam Bera, yang juga merupakan wakil ketua Federasi Triathlon Indonesia, mengaku senang dengan kontiniuitas ajang itu. Menurutnya, ini menjadi langkah bagus bagi pihaknya yang akan mempersiapkan atlet menuju SEA Games 2017 dan Asian Games 2018.


"Event Bali triathlon belakangan memang belum ada keterikatan dengan FTI. Untuk itu ke depannya kami akan merangkul event-event triathlon yang akan diselenggarakan di dalam negeri supaya lebih terarah dan pembinaan juga. FTI sendiri ke depannya akan melakukan kompetisi dalam negeri khusus cabang triathlon ini," sebutnya.



(mcy/krs)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed