Olimpiade 2016

Mengintip Peluang Dewi di Babak Repechage

Mercy Raya - Sport
Senin, 08 Agu 2016 18:06 WIB
Jakarta - Pedayung Dewi Yuliawati akan melakukan perlombaan pada hari ini pukul 10.30 waktu setempat. Ia diharapkan bisa menembus posisi kedua untuk bisa lolos ke babak perempatfinal.

Demikian diungkapkan pelatih dayung, Muhammad Hadris, dalam pesan singkatnya, Senin (8/8/2016). Menurut jadwal, Dewi akan beradu cepat dengan pedayung Swedia Svennung Anna Malvina, Neegree Phuttharakarsa (Thailand), Mosqueira Gabriela (Paraguay), Germanovich Svetlana (Kazakhstan).

Menilik peta persaingan lawannya itu, limit waktu Dewi tak berselisih jauh dengan catatan yang ditorehkan lawannya. Hal ini berkaca hasil Kejuaraan Dunia di Luceme, Swiss, beberapa waktu lalu.

Pedayung Thailand, membukukan waktu 8 menit 11,89 detik. Sedangkan pedayung Paraguay menyelesaikan perlombaan dengan catatan waktu 8 menit 22, 27 detik. Dewi hanya terpaut jauh catatan waktunya dengan pedayung Swedia yang membukukan 7 menit 39,11 detik di event yang sama.

Di event yang sama tahun lalu, Dewi membukukan waktu yang sama dengan pedayung Thailand, yaitu 8 menit 11,89 detik.

"Peluang untuk Dewi masih terbuka untuk lolos. Menyoal pesaingnya mungkin dari Swedia saja, sedangkan pedayung lain merata," kata Hadris, kepada detikSport.

Dewi harus melakukan babak repechage setelah hanya mampu finis di posisi enam dengan waktu 9 menit dan 36,10 detik. Catatan atlet kelahiran 6 Juni 1997 ini merosot karena ombak di perlombaan kemarin cukup kencang.

"Tapi kami sudah antisipasi dengan memasang lakban di samping perahu untuk mengurangi air masuk," sebutnya.

Sehubungan dengan itu, Hadris pun meyakini Dewi bakal mampu lolos dan meraih posisi dua di perlombaan hari ini. "Mudah-mudahan dia bisa diposisi 2 karena hanya 2 yang langsung ke perempatfinal." (mcy/a2s)