detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 12 Agu 2016 16:40 WIB

Tour de Singkarak

Irvine Juara Etape Ketujuh, Jamalidin Finis Kedua

Femi Diah - detikSport
Foto: ist (Tour de Singkarak) Foto: ist (Tour de Singkarak)
Dharmasraya - Pebalap asal Australia, Saxon Irvine, menjadi juara etape ketujuh Tour de Singkarak (TdS) 2016. Pebalap Indonesia Jamalidin Novardianto menjadi runner-up.

Etape ketujuh Ajang balap sepeda tahunan di Sumatera Barat, TdS, digelar Jumat (12/8/2016) megambil start dari Sijunjung dan berakhir di Gelanggang Olahraga Dharmasraya. Para pebalap harus menempuh jarak 133,8 kilometer untuk mencapai finis.

Irvine dari Data #3Cisco Racing Team mencatatkan waktu tiga jam 5 menit dan 15 detik untuk menyelesaikan balapan. Kecepatan rata-ratanya mencapai 43,34 kilometer per jam. Jamalidin, pebalap pelatnas yang memperkuat Singhai Infinite Cycling Team, finis 0,19 detik di belakangnya.

Irvine adalah pebalap ketujuh yang memenangi etape Tour de Singkarak. Pada enam etape sebelumnya ada enam juara yang berbeda yang muncul.

"Kami memang sudah merencanakan sejak awal untuk meninggalkan rombongan sejak awal. Sebenarnya saya tadi sempat bersama dengan pebalap Kinan, tapi dia ngedrop dan saya terus memimpin hingga finis," kata Irvine.

Begitu pula Jamalidin. Dia sudah gatal naik podium.

"Saya tampil lebih lepas hari ini, tidak seperti hari sebelumnya yang kurang maksimal. Ini jadi balapan yang paling kencang ketimbang etape-etape sebelumnya dan saya bersyukur bisa sampai finis di urutan kedua," tutur Jamalidin yang baru bergabung dengan Singhai awal Agustus ini.

Sementara itu, pemilik tiga jersey yaitu yellow jersey, green jersey dan polka dot jersey, Amir Kolahdouz dari Pishgaman Cycling Team, tak kecewa meski tak finis di tiga besar hari ini. Toh, jersey yang dimilikinya tak ada yang terlepas.

"Hari ini adalah hari baik karena kami bisa mengontrol jalannya perlombaan dan mampu mempertahankan tiga jersey yang selama ini saya pegang," kata Kolahdouz.

Dengan menyisakan satu etape, Kolahdouz optimistis dapat menjaga dominasinya sampai akhir balapan.

Para pebalap mendapatkan jatah istirahat satu hari pada Sabtu (12/8/2016). Etape kedelapan, yang merupakan etape terakhir, akan dihelat Minggu, 14 Agustus. (fem/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com