detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 13 Agu 2016 07:14 WIB

Tour de Singkarak 2016

Setelah Perjalanan Ekstra 5 Jam, Para Pebalap Libur Sehari

Femi Diah - detikSport
Foto: detikSport/Femi Diah
Bukittinggi - Para pebalap Tour de Singkarak mendapatkan bonus libur satu hari, setelah mereka menjalani perjalanan ekstra berdurasi lima jam dari Dharmasraya ke Bukittinggi.

Etape ketujuh Tour de Singkarak berakhir di Dharmasraya, sebuah kabupaten yang berjarak tiga jam perjalanan menuju Jambi. Etape kedelapan, Jumat (12/8/2016) sebagai etape pamungkas akan digeber dari Bukittinggi menuju Padang.

Untuk memudahkan start, para pebalap langsung boyongan ke Bukittinggi. Konsekuensinya, mereka harus menempuh perjalanan lima jam dari Dharmasraya menuju Bukittinggi, Sumatera Barat.

Perjalanan ekstra itu menjadi yang kedua pada hari yang sama. Sebelum start di Sijunjung pukul 08.00, para pebalap yang menginap di Sawahlunto harus memulai perjalanan sejak pukul 05.00 WIB.

Dengan start dari Sijunjung dan finis di Dharmasraya, sepanjang 133,8 kilomter pebalap tercepat Saxon Irvine membutuhkan waktu tiga jam lima menit dan 15 detik untuk menyelesaikannya. Irvine yang bergabung dengan Data#3 Cisco Racing Team mengayuh sepedanya dengan kecepatan rata-rata 43,34 kilometer per jam.

Nah, agar kondisi para pebalap kembali bugar mereka mendapatkan jatah libur satu hari. Berdasarkan agenda dari panitia penyelenggara, para pebalap akan dikenalkan kepada tempat-tempat pariwisata yang ada di wilayah Bukittinggi.

Lokasi wisata yang ikonik di Bukittinggi di antaranya Jam Gadang yang ada di tengah kota. Selain itu ada Ngarai Sihanok dan goa Jepang. Selain itu juga ada beberapa museum dan makam sang proklamator Bung Hatta.

Menilik hasil etape ketujuh ini, balapan pada etape kedelapan yang akan dihelat pada Minggu (14/8/2016) akan diikuti 78 pebalap. Sejauh ini, pebalap Pishgaman Cycling Team Amir Kolahdouz masih menguasai tiga jersey: yellow, green, dan polka dot. Red and White jersey masih dikuasai Dadi Suryadi.

Selamat berlibur...

(fem/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com