detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 14 Agu 2016 18:17 WIB

Tour de Singkarak

Kolahdouz Juara Umum, Dadi Terbaik Nasional

Femi Diah - detikSport
Foto: Tour de Singkarak Foto: Tour de Singkarak
Padang - Pebalap asal Iran, Amir Kolahdouz, menjadi juara umum Tour de Singkarak (TdS) 2016. Pebalap Indonesia, Dadi Suryadi, jadi runner-up.

Kolahdouz dari Pishgaman Cycling Team tak hanya menjadi juara umum dengan diganjar yellow jersey, dia juga merebut dua jersey lain: polka dot dan green jersey.

Kolahdouz meraih yellow jersey dengan catatan waktu 26 jam, delapan menit, dan 42 detik untuk menyelesaikan jarak 1.074 kilometer. Pebalap 23 tahun itu juga meraih predikat raja tanjakan atau polka dot jersey setelah mengumpulkan 78 poin. Selain itu, Kolahdouz juga menyabet predikat raja sprint (green jersey) setelah mengumpulkan 39 poin.

Sukses Kolahdouz di TdS 2016 itu sudah terlihat sejak etape empat yang finis di Puncak Lawang, Kabupaten Agam. Sejak etape tersebut, Kolahdouz telah menguasai tiga jersey sekaligus.

Hasil etape kedelapan yang bermula dari Bukittingi dan berakhir di Padang tak mengubah hasil yang diraihnya.

"Saya puas dengan hasil ini. Usaha kami untuk mengontrol perlombaan berjalan dengan baik," kata Kolahdouz. Dengan keberhasilan ini dia diganjar hadiah sebesar Rp 80 juta.

Selain menjadi yang terbaik secara individu, Kolahdouz berhasil membawa timnya menjadi yang terbaik. Pishgaman Cycling Team membukukan total catatan waktu 78 jam, 35 menit, dan 9 detik.



Dadi menjadi runner-up klasemen umum sekaligus berhasil meraih red white jersey sebagai ganjaran pebalap Indonesia tercepat. Prestasi ini sebenarnya telah dipegang sejak etape dua. Bahkan, Dadi unggul lebih dari 15 menit dari pebalap Indonesia yang menjadi pesaing terdekatnya, Hari Fitrianto, dari Black Inc Laos.

"Saya terus berupaya untuk bisa menjadi yang tercepat, tapi para pebalap Iran terus menjaga saya. Tapi, bagaimanapun hasil ini sudah lebih baik dari target berada di urutan tiga besar," tutur Dadi.

"Hasil ini saya persembahkan buat diri saya sendiri dan tim yang telah mendukung penampilan saya di sini," tutur dia.

(fem/roz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com