detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 14 Agu 2016 20:02 WIB

Kemenpar Jamin Tour de Singkarak Berlanjut Tahun Depan

Femi Diah - detikSport
Foto: Dokumentasi Media TdS Foto: Dokumentasi Media TdS
Padang - Asisten Deputi Pemasaran Pariwisata Nusantara Bidang Pasar Personal Kementerian Pariwisata, Raseno Arya, memastikan Tour de Singkarak berlanjut tahun depan.

TdS 2016 menjadi edisi kedelapan dan menawarkan hadiah total Rp 2,5 miliar. 110 pebalap dari 19 tim meramaikan kejuaraan balap sepeda jalan raya 2.2 tersebut. Mereka menempuh jarak total 1.074 kilometer.

Di akhir etape, Minggu (14/8/2016), Amir Kolahdouz dari Pishgaman Cycling Team menjadi juara umum. Adapun pebalap terbaik dari Indonesia jatuh ke tangan pebalap Terengganu Cycling Team, Dadi Suryadi.

Hingga digulirkan ke delapan kalinya, TdS masih menyimpan beberapa catatan penting. Salah satunya jarak antara finis etape sebelumnya menuju start berikutnya yang terlalu jauh. Sehingga, para pebalap harus menjalani perjalanan ekstra. Sebagai gambaran untuk menuju etape kedelapan di Bukittingi, para pebalap harus melakukan perjalanan selama lima jam dari finis etape ketujuh di Kabupaten Dharmasraya.

Sebuah Pekerjaan Rumah (PR) besar bagi Sumatera Barat untuk menarik investasi di bidang perhotelan. Bagaimanapun, TdS digulirkan dengan misi menggenjot jumlah wisatawan mancanegara melancong di Ranah Minang.

Sisi baiknya, TdS menjadi ajang balap sepeda yang terpopuler di dunia versi www.worldcyclingstats.com. Ada tiga kriteria yang dijadikan indikator yaitu pemberitaan media massa, media sosial dan keterlibatan masyarakat.

Raseno optimistis investasi pariwisata lewat TdS masih cukup menjanjikan. Dia pun menirukan keputusan Kementerian Pariwisata, Arief Yahya, yang memberikan jaminan TdS akan tetap digeber tahun depan.

"Pak Menteri sudah memberikan jaminan kalau TdS akan berlanjut tahun depan. Konsentrasi kami tidak menaikkan level balapannya tapi memperbaiki kekurangan dari tahun ke tahun," kata Raseno.

"Apalagi TdS tahun depan adalah yang kesembilan. Itu akan jadi pemanasan untuk menyambut satu dekade TdS pada 2018."

(fem/roz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com