detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 18 Agu 2016 23:36 WIB

Olimpiade 2016

Bonus Rp 5 M untuk Owi/Butet Berdua

Mercy Raya - detikSport
Foto: REUTERS/Mike Blake Foto: REUTERS/Mike Blake
Jakarta - Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berhak atas bonus Rp 5 miliar setelah meraih emas Olimpiade 2016. Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menyatakan jumlah itu untuk mereka berdua, bukan per orang.

"Jadi untuk satu medali emas itu Rp 5 miliar. Di klasemen Olimpiade kan tertulis Indonesia hanya raih satu medali jadi bonusnya hanya Rp 5 miliar per satu emas (bukan satu atlet dapat Rp 5 miliar)," kata Imam di kantornya Kamis (18/8/2016).

Owi/Butet, sapaan Tontowi dan Liliyana secara berurutan, meraih medali emas cabang olahraga Bulutangkis nomor ganda campuran setelah di final mengalahkan pasangan Malaysia. itu merupakan medali emas pertama Indonesia di Olimpiade Rio de Janeiro.

"Katakan sepakbola meraih medali emas, kan tidak mungkin satu-satu diberikan bonus dengan jumlah yang sama. Dihitungkan per satu medali emas. Ini yang harus jelas dan kita harus realistis. Mungkin kalau mau satu-satu akan ada kebijakan baru," jelas Imam.

Selain atlet, bonus juga akan diberikan kepada pelatih. "Pelatih ada, tetapi jumlahnya memang tidak terlalu besar," ungkap dia.

Mengenai mekanisme pencairannya, Deputi IV Peningkatan Prestasi Olahraga Gatot S. Dewa Broto mengatakan akan menunggu hingga Paralimpiade yang berlangsung pada 7-18 September selesai digelar.

"Pada intinya setelah mereka pulang dari Olimpiade. Kami akan melakukan pendataan yang kemudian akan dicek kembali sebelum dikucurkan ke masing-masing rekening atlet. Tapi itu bukan berarti Paralimpiade selesai langsung diberikan tetap butuh proses administrasi lagi," ujar Gatot secara terpisah.

Indonesia sejauh ini meraih tiga medali di Olimpiade Rio. Selain emas dari Tontowi/Liliyana, ada Eko Yuli Irawan dan Sri Wahyuni Agustiani di Angkat Besi yang masing-masing meraih medali perak. Dengan demikian total bonus yang akan diberikan pemerintah untuk para peraih medali itu adalah Rp 9 miliar; satu medali emas (5 miliar) dan dua medali perak (masing-masing Rp 2 miliar).



(mcy/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com