detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 19 Agu 2016 01:55 WIB

Jatuh dan Cedera, Toni Tak Berhasil Jejak Semifinal

Femi Diah - detikSport
Foto: REUTERS/Eric Gaillard Foto: REUTERS/Eric Gaillard
Rio de Janeiro - Toni Syarifudin tak berhasil melanjutkan langkah ke babak semifinal BMX putra di Olimpiade 2016. Toni terhenti di babak perempat final dan dibekap cedera.

Dalam balapan yang dihelat di Olympic BMX Centre, Rio de Janeiro, Jumat (19/8/2016) dini hari WIB, Toni bergabung dalam heat 2 bersama-sama David Graf (Swiss), Maris Stromberg (Latvia), Liam Phillips (Inggris Raya), Luis Brethauer (Jerman), Tory Nyhaug (Kanada), Jefferson Milano (Venezuela), dan Kyle Dodd (Afrika Selatan).

Dalam tiga sesi yang dijalani, Toni berhasil mengumpulkan 22 poin. Hasil itu membuat Toni ada di urutan ketujuh dan tak memnuhi syarat untuk lolos ke babak semifinal, cuma empat rider terbaik yang bisa lolos ke babak semifinal.

Sesi pertama dijalani Toni dengan cukup baik. Toni terhindar dari crash antara tiga pebalap--Liam Phillips, David Graf dan Maris Stromberg--pada sesi itu. Crash itu membuat Phillips tak bisa melanjutkan balapan, sedangkan Graf dan Stromberg bisa bangkit lagi.

Toni mengakhiri sesi pertama dengan finis di posisi lima. Dia mencatatkan waktu 45,325 detik. Posisi pertama hingga keempat di sesi pertama ditempati Tory Nyhaug, Luis Brethauer, Jefferson Milano dan Kyle Dodd.

Pada sesi kedua, Toni terjatuh namun dia masih bisa menyelesaikan balapan. Toni berada di posisi ketujuh dengan catatan waktu 1 menit dan 21,149 detik. Namun, hasil itu membuat Toni makin sulit untuk bisa menembus empat besar.

Di sesi terakhir, Toni tidak bisa menyelesaikan balapan. Dia terjatuh dan mengalami patah tulang bahu.

Di akhir persaingan pada heat dua, empat pebalap yang lolos ke semifinal adalah Tory Nyhaug, Brethauer, Milano, dan Graf.

Terhentinya Toni di babak perempatfinal menutup kemungkinan Indonesia untuk menambah medali. Hingga cabang olahraga terakkhir dimainkan, Indonesia mengoleksi satu emas (dari bulutangkis) dan dua perak (angkat besi).

(fem/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com