detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 20 Sep 2016 21:29 WIB

Ini Kata Menpora Terkait Progress Hambalang

Ray Jordan - detikSport
Foto: M Iqbal Foto: M Iqbal
Jakarta - Proyek Hambalang akan dilanjutkan pengerjaannya meskipun secara teknis belum ada rinciannya. Ini kata Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi terkait progress alias perkembangan situasi itu.

Menurut keterangan Wakil Presiden Jusuf Kalla awal bulan ini, Presiden Joko Widodo telah menyetujui kelanjutan dari proyek yang semula disebut Pusat Pendidikan, Pelatihan, dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang.

[Baca juga: JK Pastikan Proyek Hambalang Dilanjutkan]

Pun begitu, Menpora menyatakan bahwa saat ini kelanjutan tersebut masih menunggu hasil audit dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan.

"Masih diaudit semua," kata Menpora menjawab pertanyaan soal progress Hambalang. "Jadi apa pun hasilnya apakah mau dijadikan perguruan tinggi atau tetap jadi sekolah olahraga maupun pelatnas tetap menunggu hasil audit dari PU dan BPKP."

Ditanya lebih lanjut mengenai kapan kira-kira hasil audit itu keluar Menpora mengatakan, "Tergantung kedua lembaga ini. Kalau kita kan hanya menerima hasil dari audit dari dua lembaga ini. BPK, KPK, nggak ada soal. Yang penting selesai dulu masalah auditnya ini."

Mengenai apakah nantinya Hambalang bakal dijadikan sebagai universitas olahraga, Menpora mengatakan bahwa yang pasti tempat itu akan difungsikan sebagai lembaga pendidikan sekaligus pelatnas bagi atlet elit.

"Lebih jauh kita ingin mengisi kekosongan tenaga keolahragaan baik pelatih ataupun guru. Nanti akan dimodifikasi-lah. Seperti apa formatnya tentu sekali lagi kita masih menunggu dr PU dan BPKP," tuturnya.

Mengenai proses audit yang terkesan lama, Menpora menyerahkan pada otoritas terkait. "Mekanisme audit itu kan kementerian lain yang tahu. Nanti tolong kalau ada BPKP ditanyain mbak kayak apa itu, karena kita sudah lama sekali minta itu."

(krs/roz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed