detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 28 Sep 2016 14:28 WIB

PON XIX

DKI Juara Umum Atletik Juga Berhasil Pentaskan Para Atlet Muda

Mercy Raya - detikSport
Foto: PB PON/ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.
Bandung - Provinsi DKI Jakarta mengukuhkan diri sebagai juara umum cabang olahraga atletik PON XIX/2016 Jawa Barat. Sebagian pendulang emas dari para atlet muda.

Predikat juara umum didapatkan DKI Jakarta usai mengoleksi 15 medali emas, 3 perak, dan 2 perunggu. Tambahan emas di hari terakhir atletik, Kamis (28/9/2016) didulang dari lari maraton atas nama Triyaningsih, serta satu perunggu dari Odekta Elivina Naibah.

Posisi kedua ditempati tuan rumah Jawa Barat yang mengumpulkan 7 medali emas, 11 perak, dan 6 perunggu. Adapun peringkat ketiga menjadi milik Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan raihan 5 medali emas, 3 perak, dan 6 perunggu.

Raihan prestasi itu melambungkan gengsi DKI Jakarta. Apalagi, di antara emas yang didapatkan itu didonasikan oleh para atlet muda. Beberapa atlet muda DKI yang moncer pada PON Jabar adalah atlet putri Emilia Nova yang berhasil meraih tiga emas (lari gawang 100 meter, sapta lomba, dan estafet 4x100 meter), atlet putra Fedrik Saputra yang meraih emas dari nomor lompat galah, dan Rizky Rupasya (lompat tinggi).

"Jangan dilihat ini sebagai sebuah upaya persiapan PON 2016, kami sudah memulai pembinaan sejak 10 tahun lalu," kata Taufik Yudi Mulyanto, ketua Pengprov PASI DKI Jakarta, dalam obrolan dengan detikSport, Rabu (28/9/2016).

"Yang senior dan junior bersaing dengan sehat. Ini menjadi regenerasi yang riil. Siapapun yang masih bisa berlatih meski usianya lanjut silakan dan dan siapapun yang usianya muda mau berlatih keras dan unjuk gigi di sini, ya silakan juga.

"Yang menggembirakan banyak anak-anak muda yang muncul dari DKI. Jadi jangan melulu dilihat yang tua saja, tetapi yang muda. Empat tahun lagi, kami yakin yang muda-muda akan lebih banyak lagi yang muncul.

"Kami berharap banyak DKI bisa menyumbangkan lebih banyak lagi atlet ke pelatnas. Setelah ini kami akan mempercayakan dan menyerahkan atlet-atlet ini kepada PB PASI. Tugas kami mencetak atlet di daerah sampai tingkat nasional kemudian dilanjutkan PB PASI. Ya, kami serahkan semua kepada PB PASI," tutur Taufik.

(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com