DetikSport
Senin 10 Oktober 2016, 21:29 WIB

Hayono Sebut TAFISA Berakhir Sesuai Rencana, Tidak Lebih Cepat

Mercy Raya - detikSport
Hayono Sebut TAFISA Berakhir Sesuai Rencana, Tidak Lebih Cepat Foto: detikSport/Lucas Aditya
Jakarta - Di poster, TAFISA tertulis bakal berakhir pada 12 Oktober 2016. Namun, upacara penutupan justru berlangsung sehari lebih cepat, yakni 11 Oktober 2016.

TAFISA, yang berisi Festival Permainan Tradisional, Festival Olahraga Tradisional, perlombaan olahraga ekstrem, dan pertunjukan seni budaya dari setiap partisipan itu, sudah berlangsung sejak 6 Oktober.

Pada poster resmi TAFISA, tertera jelas bahwa event tersebut berlangsung dari 6-12 Oktober di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta. Selain itu, bagian jadwal di laman web situs resmi (tafisagames2016.com/schedule), acara penutupan juga terjadwal pada hari Rabu (12/10), pukul 18.00 WIB-sampai selesai di pantai Carnaval ABC Mall. Namun, menurut Ketua Panitia Pelaksana TAFISA Games 2016, Hayono Isman, tidak ada perubahan dari jadwal penutupan. Sejak awal panitia JATGOC memang sudah menetapkan hari Selasa (11/10) sebagai hari penutupan.



"Betul, akan ditutup besok, sementara 12 Oktober itu hanya check out para peserta," kata Hayono, ketika dihubungi Senin (10/10/2016).

Nantinya di sela-sela acara tersebut selain akan ada prosesi penyerahan bendera TAFISA kepada kota Lisbon, Portugal, yang akan menjadi tuan rumah TAFISA World Games berikutnya pada 2020.

Juga akan ada agenda lain berupa pemberian dokumen Jakarta Call For Action of Active City kepada Ketua umum Asosiasi Wali Kota Indonesia, Airin Rachmi Diany.

Deklarasi atau surat pernyataan tersebut sebelumnya telah dibahas dalam Global Forum yang jadi salah satu agenda TAFISA Games 2016. Draf Active City sebelumnya dibuat oleh badan PBB untuk pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan (UNESCO).

"Menpora nanti akan memberikan dokumen active city kepada Ketua umum Asosiasi Wali Kota Indonesia, Airin Rachmi Diany agar langsung diimplementasikan di tingkat kota. Nanti masyarakat yang terhimpun dalam FORMI (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) yang akan mengawasinya."

"Setelah itu, ya, acaranya para peserta. Mereka berbaur semua antara peserta dari lima benua dan peserta provinsi," kata Hayono.

Acara itu sendiri rencananya akan ditutup langsung oleh Menpora Imam Nahrawi.


(mcy/roz)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed