DetikSport
Minggu 16 Oktober 2016, 10:40 WIB

Antusiasme Peserta Triathlon Nusa Laut Adventure 2016

Mega Putra Ratya - detikSport
Antusiasme Peserta Triathlon Nusa Laut Adventure 2016 Foto: M Raka/Pendam XVI Pattimura
Nusa Laut - Event Triathlon Nusa Laut Adventure 2016 berlangsung meriah. Selain berlomba, peserta juga menikmati indahnya wisata Pulau Nusa Laut, Maluku Tengah.

Triathlon ini memang tidak dirancang sesuai standar internasional karena tujuannya mempromosikan pariwisata Pulau Nusa Laut dan rangkaian HUT TNI ke-71. Para peserta berenang sejauh 300 meter, bersepeda 22,7 kilometer, dan berlari sejauh 5 kilometer. Dari 400 peserta, 85 persen anggota TNI/Polri dan lainnya masyarakat umum.

Antusiasme Peserta Triathlon Nusa Laut Adventure 2016

Salah seorang peserta, Sarah Virginia Costara, mengaku takjub dengan keindahan Pulau Nusa Laut. Wanita warga negara Portugal ini juga kagum dengan keramahtamahan masyarakat Pulau Nusa Laut.

"Pulau ini sangat menakjubkan, masyarakatnya itu sangat baik dan sangat ramah. Maksudku, aku merasa benar-benar diterima. Oh saya bangga dengan semua hal itu, benar-benar menyenangkan," ungkap wanita 26 tahun ini.

Antusiasme Peserta Triathlon Nusa Laut Adventure 2016

Sarah meraih juara tiga kategori perorangan putri. Sementara peringkat pertama dan kedua oleh Eva Desiana dan Inge Prasetyo.

"Aku bukan seorang atlet, aku hanya seseorang yang benar-benar mencintai triathlon," katanya.

Sarah mengaku antusias dan tertantang dengan event ini meski jarak yang ditempuh menurutnya sangat pendek dibanding event serupa yang pernah dia ikuti. Dia juga merasa menikmati track lomba yang dilalui karena masyarakat sekitar banyak yang mendukung para peserta.

"Jalur bersepeda itu sangat gila, ada naik, turun, naik lagi dan turun lagi, tapi ini menyenangkan. Saya gembira karena melintasi desa ke desa, dan masyarakat baik orangtua maupun anak-anak semua bersorak mendukung peserta. Saya sangat menikmati ini," tutur wanita yang pernah bekerja di Kedubes Prancis di China ini.

Sementara itu Serda Wahyu Rianti menjadi peserta satu-satunya dari Korps Wanita Angkatan Darat (KOWAD). Serda Wahyu masuk dalam kategori perorangan TNI/Polri putri.

"Saya basic-nya renang, tapi sering ikut Triathlon, waktu itu sempat pelatnas, lomba terakhir di Phuket Thailand 2014, tapi karena pendidikan jadi istirahat 1 tahun. Triathlon ini yang ke 14 buat saya, alhamdulillah selalu juara," tutur wanita yang kini bertugas di Secapa AD Bandung ini.

Meski wanita, Serda Wahyu tidak mengalami kesulitan dalam perlombaan ini. Sebab dia merasa lomba ini jauh dari standar internasional yang selama ini dia ikuti.

"Terlalu pendek ya, bukan sombong, biasanya standar 1,5 km renang, 40 km sepeda, lari 10 km. Ini seperempatnya saja ngga ada," ungkapnya.

[Baca juga: Triathlon Nusa Laut Adventure 2016: Berlomba Sekaligus Promosi Wisata]

Soal persiapan, Serda Wahyu justru mengaku tidak ada persiapan sama sekali. Sebab dirinya baru tahu event itu beberapa hari sebelum acara dimulai.

"Persiapan sebenarnya kurang matang, saya dipanggil komandan untuk ikut Triathlon di Nusa Laut. Jadi dadakan," pungkasnya.

Sedangkan peraih juara 1 kategori perorangan umum putra diraih Ady Akhmad Jukardi. Ady juga meraih penghargaan best runner.

"Semua ngga ada yang mudah, perlu latihan, rutinas, latihan daya tahan, teknik. Bukan cuma tenaga dan daya tahan, teknik juga perlu. Waktu renang saya ketinggalan, tapi pas lari saya kejar di KM 5, setelah itu paling depan terus," kata Ady yang mengaku hanya melakukan persiapan 7 hari ini.

Antusiasme Peserta Triathlon Nusa Laut Adventure 2016

Mewakili masyarakat Pulau Nusa Laut, Kepala Desa Leinitu Decky Tanasale mengaku berterima kasih kepada Kodam XVI Pattimura. Dia berharap event ini menjadi jalan untuk mendatangkan lebih banyak wisatawan ke Pulau Nusa Laut.

"Dampaknya sangat luar biasa bagi kami. Dari sisi ekonomi sangat bermanfaat bagi masyarakat, salah satu contohnya toko-toko sembako, penjual makanan, dulu pendapatnya minim, sekarang pendapatannya meningkat luar biasa. Kami berharap melalui event ini, jalan terbuka untuk Nusa Laut untuk kelak wisatawan masuk dan mengangkat perekonomian masyarakat. Terima Kasih Bapak Pangdam Pattimura Mayjen Doni Monardo," pungkasnya.

Kisah Antusiasme WN Portugal Ikuti Triathlon Nusa Laut Adventure 2016

Berikut data pemenang dari beberapa kategori:

1. Kategori perorangan umum Putra :
a. Juara 1: Jukardi (Jakarta-JEC Triathlon)
b. Juara 2 : Yan bahtiar (NTB-Herbalife)
c. Juara 3 : Fauzi (Jakarta-JEC)

2. Kategori perorangan umum Putri :
a. Juara 1 : Eva desiana (Sumbar-Pelatnas putri)
b. Juara 2 : Inge Prasetyo (Jakarta-Tridear)
c. Juara 3 : Sarah virginia (Potugal-Tridear)

3. Kategori perorangan TNI/Polri putri
Juara 1 : Wahyu Rianti putri (Secapa AD)

4. Piala bergilir Panglima TNI untuk tim beregu 5 orang:
a. Juara 1 Tim A Atlet Kodam XVI/Pattimura
b. Juara 2 Tim B Atlet TNI AL (Lantamal IX/Ambon)
c. Juara 3 Tim C Atlet Tm B Kodam XVI/Pattimura

Kategori Best Swimmer : Ramzy (Jakarta -JAQ)
Kategori Best Runner : Jukardi (Jakarta-JEC triathlon)

====

*catatan redaksi: sebelumnya sempat tertulis "Predear" sebagai nama tim. Yang benar adalah "Tridear". Demikian kesalahan telah diperbaiki.



(ega/krs)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed