detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 05 Nov 2016 17:25 WIB

Turut Kampanyekan Keselamatan Berkendara, Rio Haryanto Muncul di Sarinah

Mercy Raya - detikSport
Foto: instagram Rioharyantoracing Foto: instagram Rioharyantoracing
Jakarta - Rio Haryanto muncul pada seremoni kelulusan keselamatan berkendara Michelin Safety Academy 2016. Dia menjadi ikon keselamatan berkendara.

Acara yang berlangsung di XXI Ballroom Jakarta Theater, Sarinah, Sabtu (5/11/2016) itu diikuti 250 peserta pelajar SMA di DKI Jakarta. Juga hadir dalam agenda itu Regional Director Michelin Pascal Nouvellon, Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto, perwakilan Korlantas Polri Yuli Kurniawan, dan perwakilan dari IMI DKI Jakarta.

Produsen ban asal Prancis, Michelin, menggeber acara buat pelajar itu untuk meningkatkan kesadaran berkendara secara aman. Acara di Sarinah itu sudah jadi agenda keempat.

Rupanya tingginya angka kecelakaan yang melibatkan ABG sepanjang tahun 2014 menjadi latar belakangnya. Dari data yang dimiliki kepolisian, sekitar 95 ribu kecelakaan yang terjadi, 3 ribu di antaranya melibatkan anak muda.

Michelin kemudian mengajak sekolah-sekolah di Jakarta untuk mengampanyekan keselamatan berkendara. Dalam prosesnya ada lima sekolah yang bekerja sama. Salah satunya, SMA Labschool.

"Di sana, kami melakukan ujian pre test dan terjaring 250 pelajar terbaik dari lima sekolah tersebut," kata Marketing Director PT. Michelin Indonesia, Putu Yudha.

Selama pelatihan, peserta disodori teori dan fakta. Selain itu, bekerja sama dengan Ikatan Motor Indonesia, kepolisian, dan Perhubungan Darat, Michelin Safety Academy mengajarkan praktik berkendara yang baik dan benar.

"Setelah melewati fase itu, kami ajak mereka untuk membuat SIM yang benar agar mereka tahu prosedur pembuatan SIM seperti apa. Dari 180 peserta yang mendaftar, ada juga yang tidak lulus. Dari situ tentu mereka mengulang kembali ujiannya," tutur dia.

Nah, kemunculan Rio tak lepas dari kampanye itu. Rio dianggap sebagai anak muda dan berhasil menembus ajang balapan tertinggi dunia, Formula 1.

"Kenapa ada Rio, karena dia adalah ikon anak muda dan pebalap Indonesia yang berhasil balapan di F1. Kami berharap sosok Rio mampu menginspirasi dan mendorong generasi muda dan menjadi pengemudi yang bertanggung jawab," kata Regional Director Michelin, Pascal Nouvellon.

Dalam acara graduation day tersebut, juga dilakukan pembacaan dan penandatanganan deklarasi keselamatan berkendara yang dilakukan oleh lima pelajar, Rio Haryanto, Pascal Nouvellon, perwakilan IMI DKI Jakarta, Yuli Kurniawan (Korlantas Polri), dan Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto.

(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com