DetikSport
Jumat 13 Januari 2017, 04:36 WIB

Memperkenalkan Trampolin sebagai Olahraga Baru di Indonesia

Amalia Dwi Septi - detikSport
Memperkenalkan Trampolin sebagai Olahraga Baru di Indonesia Foto: dok.Kemenpora
Jakarta - Di tengah padatnya rutinitas warga ibukota, olahraga menjadi sesuatu yang mahal. Ada olaharga baru yang coba diperkenalkan yakni trampolin.

Olahraga secara rutin menjadi sebuah momok bagi sebagian masyarakat yang berada di beberapa kota besar, khususnya DKI Jakarta. Tidak urung kendala waktu khususnya karena menumpuknya pekerjaan jadi alasan mengapa sebagian orang masih malas berolahraga.

Kini ada olahraga baru yang disebut-sebut bisa dilakukan di waktu senggang dan tidak butuh effort banyak untuk melakukan. Olahraga permainan yang coba dikenalkan itu adalah trampolin.

Bisa dibilang diam-diam olahraga ini mulai jadi tren khususnya di Jakarta. Melompat-lompat di atas trampolin memang terkesan seperti permainan anak-anak, namun bagi orang dewasa akan sangat bermanfaat bila dilakukan dengan rutin.

Seperti diketahui, dari riset American Council on Exercise pada sebuah media online Jakarta, bahwa berolahraga dengan memanfaatkan media trampolin dapat membantu seseorang tetap bugar karena membakar sampai 11 kalori per menit.

"Dari kajian penelitian, dapat dijelaskan, bahwa dengan memanfaatkan Trampolin sebagai alat olahraga, dapat membantu secara efektif meningkatkan ketahanan tubuh serta membakar kalori dalam tubuh lebih banyak dengan mudah," kata Dr. Cedric Brant dari American Council on Exercise dalam rilis kepada detikSport.

Dalam dunia barat, trampolin merupakan salah satu olahraga permainan yang biasa digunakan anak-anak maupun orang dewasa. Melakukan beberapa kali lompatan dalam periode tertentu sangatlah menyehatkan bagi tubuh jika dilakukan dengan benar.

Untuk itulah di awal tahun Ayam Api in AMPED Trampoline Park memberikan sarana bermain tempat di bilangan Kelapa Gading, Jakarta Pusat. CEO Amped Indonesia, Prem Kumar mengatakan, trampolin termasuk salah satu jenis olahraga yang bersifat low impact, dan menyenangkan.

Selain menjadi salah satu jenis olahraga, disisi lain pemanfaatan trampoilin sendiri juga baik untuk membantu masa pertumbuhan anak-anak. Selain sebagai alat olahraga, media pendukung tumbuh kembang anak, trampolin sendiri adalah salah satu alternatif untuk pencegahan berbagai penyakitdan bahkan pemulihan cedera.

"Keunggulan bermain Trampolin sendiri bagi tumbuh kembang anak dapat meningkatkan kelincahan, ketrampilan, serta membangun kepadatan tulang anak," kata Prem Kumar.

Saat ini, Amped Trampoline Park sudah hadir di empat negara se-Asia Tenggara, diantaranya Singapura dan Malaysia. Sementara di Indonesia Selain Jakarta dan Surabaya, akan menyusul Bandung di bulan April.

Sementara itu Menpora Imam Nahrawi yang didaulat membuka AMPED Trampoline Park mendukung penuh olahraga ini. Menurut Imam, selain olahraga, trampolin bisa menjadi alternatif dan kegiatan positif bagi anak-anak muda Indonesia.

"Amped hadir sebagai alternatif solusi hiburan serta olahraga yang ekonomis dan praktis bagi masyartakat dan keluarga Indonesia," tutur Imam.

"Tidak hanya dapat dinikmati. Tapi bisa melahirkan generasi yang sehat, hebat yang bisa mengisi pembangunan nasional pemerintah," sambung Imam yang juga ditemani Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito di acara itu.



(ads/mrp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed