DetikSport
Kamis 26 Januari 2017, 11:10 WIB

Rekannya Kena Kasus Doping, Medali Emas Bolt Berkurang Satu

Kris Fathoni W - detikSport
Rekannya Kena Kasus Doping, Medali Emas Bolt Berkurang Satu Foto: Bolt cs di Olimpiade 2008 (REUTERS/Kai Pfaffenbach/File Photo)
Lausanne - Usain Bolt harus rela koleksi medali emasnya di Olimpiade berkurang satu setelah salah satu rekan setimnya terbelit kasus doping.

Koleksi emas Bolt di Olimpiade pada awalnya berjumlah sembilan. Pelari Jamaika itu pun menorehan triple-triple -- tiga medali emas untuk tiga nomor berbeda di tiga Olimpiade beruntun (2008, 2012, 2016) pada nomor lari yang sama.

[Baca juga: Triple-triple untuk Bolt Setelah Jamaika Juarai Estafet 4x100 Meter]

Akan tetapi, Bolt kini kehilangan salah satu medali tersebut yakni dari nomor estafet 4x100 meter putra di Olimpiade 2008 Beijing. Rekan satu timnya di nomor itu, Nesta Carter, ketahuan doping di gelaran tersebut.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) menyatakan bahwa Carter telah mengonsumsi stimulan methylhexaneamine yang termasuk ke dalam golongan zat terlarang.

Namun demikian, kasus ini masih akan berlanjut alias belum final karena pihak Carter berencana membawa kasus ini ke Pengadilan Arbitrese Olahraga (CAS).

"Mr. Carter akan membawa masalah ini ke CAS," kata Stuart Simpson, pengacara Carter, kepada Reuters.

Belum ada komentar dari Bolt. Tapi bulan Juni lalu ia sudah sempat berkomentar setelah Reuters mendapat indikasi bahwa Carter akan terbelit kasus doping. Saat itu Bolt bertutur filosofis mengenai kemungkinan kehilangan medali.

"Sayang sekali karena selama bertahun-tahun saya berusaha keras mengumpulkan medali emas dan bekerja keras jadi juara... tapi itu hanyalah salah satu hal yang terjadi dalam hidup," ujar Bolt kepada Reuters.

"Jadi ketika nanti terkonfirmasi, atau semacamnya, kalau saya harus mengembalikan medali emas saya, itu bukanlah masalah," tuturnya saat itu.

Emas Jamaika perolehan Bolt cs pada nomor estafet 4x100 di Beijing itu akan diberikan kepada Trinidad-Tobago, dengan Jepang naik mendapat perak dan Brasil kebagian perunggu.

IOC sudah meminta Komite Olimpiade Jamaika untuk mengumpulkan medali-medali tersebut dari para atletnya. "Tim Jamaika didiskualifikasi dari nomor estafet 4x100 meter putra. Medali terkait, pin peraih medali, dan piagam akan ditarik," sebut IOC.


(krs/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed