detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 14 Feb 2017 00:23 WIB

PB FORKI Targetkan Dua Emas di SEA Games 2017

Mercy Raya - detikSport
Foto: Humas PB FORKI
Jakarta - Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (PB FORKI) menargetkan dua medali emas di SEA Games 2017 Malaysia. Dua atlet muda Ahmad Zigi Zaresta Yuda dan Srunita Sari S. diharapkan bisa memberikan kejutan di multievent dua tahunan itu.

Guna mewujudkan target itu, PB FORKI pun telah melakukan seleksi nasional yang berlangsung pada Sabtu (11/2) kemarin di aula Kemenpora, Senayan, Jakarta. Total atlet yang mengikuti berjumlah 15 orang.

Atlet-atlet ini diambil berdasarkan prestasi di Piala KASAD dan peraih emas Pekan Olah Raga Nasional (PON) 2016 di masing-masing kelas khusus kategori Kumite. Untuk kriteria pemilihan pemain kategori kata putri berdasar juara Asia Karate Federation (AKF) dan juara PON. Sementara untuk kata putra adalah juara KASAD dan tim pelatnas yang sudah berjalan sejak Januari 2017 lalu.

Hasilnya, terpilih empat atlet terbaik. Mereka adalah Ahmad Zigi Zaresta Yuda asal NTB untuk kata perorangan putra, Iwan Bidu Sirait asal Sumatera Utara untuk kelas Kumite -55 kg, Devina Dee dari DKI Jakarta untuk kelas -61 kg, dan Yolanda Asmuruf dari Papua di kelas -68 kg. Sebelumnya, telah ada 16 atlet yang sudah melakukan latihan sejak Januari 2016. Mereka berdasar kejuaraan-kejuaraan yang lalu.

"Kami sebagai regulator tentu memanggil berdasarkan track record atlet, sementara untuk tes fisik dan kesehatan menjadi domain dari Satlak Prima. Nanti mereka yang akan melihat kondisi atlet ini seperti apa," jelas manajer tim Zulkarnaen Purba, ketika ditemui di sekretariat PB FORKI di Kantor KONI Senayan, Senin (13/2/2017).

Selain melakukan pemusatan latihan, FORKI sendiri telah menyiapkan tiga ujicoba dan training camp untuk meningkatkan performance atletnya. Ujicoba tersebut antara lain Dutch Open pada Maret 2017, sekaligus TC pada 20-28 Maret. Kemudian, Dubai Open di 30 Maret-2 April, dan April Kejuaraan Karate se-Asia Tenggara, yang akan berlangsung hingga akhir Mei.

"Terakhir, ada ujicoba di Kejuaraan Asia di Kazakhstan pada Juli 2017. Setelah itu, akan ada pengumuman final skuat SEA Games setelah Kejuaraan Karate se-Asia Tenggara," ujar Zulkarnaen.

Zulkarnaen optimistis dengan persiapan yang panjang dan jadwal ujicoba, karate bisa menyumbang dua medali emas. "Target kami dua emas. Kami yakin bisa merebutnya. Ya, seperti Jintar Simanjuntak (Kumite -60 kg) ada peluang. Dia itu kan peraih emas SEA Games 2011, 2013, dan Suryadi (Kumite -55kg) nomor 3 di WKF Premiere League Okinawa 2014, dan Hendro Salim," katanya.

"Kalau untuk atlet muda kami harapkan ada kejutan dari Ahmad Zigi Zaresta Yuda (Kata Perorangan Putra). Kami yakin karena juara dunia Kejuaraan Dunia Karate Junior 2015. Selain itu, di nomor putri juga ada Srunita Sari Sukatendel (Kumite -50 kg) yang menjadi juara SEA KF 2016, Thailand Terbuka 2016 dan medali perunggu di Rotterdam Terbuka 2016," ujar Zulkarnaen.


(mcy/mfi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com