detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 14 Feb 2017 20:00 WIB

Keputusan Dewan Disiplin Antidoping Masih Belum Mutlak

Mercy Raya - detikSport
Foto: Mercy Raya
Jakarta - Dewan Disiplin Antidoping baru akan mengeluarkan keputusan sekitar dua pekan lagi terkait atlet-atlet yang tersandung kasus doping di Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2016. Tapi keputusan itu juga belum mutlak karena akan dilaporkan ke Badan Antidoping Dunia (WADA).

Hal itu disampaikan Ketua Dewan Disiplin Antidoping Cahyo Adi, di sela-sela sidang dengar pendapat di PP Itkon Senayan, Selasa (14/2/2017).

Rapat dengar pendapat itu sendiri sudah berlangsung sejak hari Senin (13/2) kemarin. Sampai haru ini sudah empat atlet menjalani sidang, dengan dua atlet berikutnya bakal melakukan sidang pada hari Jumat (17/2).

Menurut Cahyo Adi, keputusan dari sidang dengar pendapat itu akan keluar dua pekan mendatang setelah mempertimbangkan aspek yuridis. Hasil keputusan akan dikirim secara tertulis kepada masing-masing atlet, kendati itu pun juga belum mutlak.

"Keputusan kami itu hanya keputusan sementara. Artinya, kami harus melaporkan ini kepada WADA untuk mereka melihat dan mempertimbangkannya," kata Cahyo.

Menurutnya, WADA bisa saja menganulir atau mengganti hukuman yang sudah disampaikan oleh Dewan Disiplin kepada atlet. Tergantung penafsirannya.

"Dalam hal keputusan itu jika tidak sesuai dengan peraturan antidoping dunia. Kami (Dewan Disiplin) sudah bekerja menyesuaikan itu tetapi penafsirannya berbeda-beda. Satu pasal bunyinya misalnya apa, tafsirannya kan beragam," sebutnya.


(mcy/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com