DetikSport
Kamis 16 Februari 2017, 00:33 WIB

Soal Dana Asian Games yang Belum Cair, Ini Penjelasan Menpora

Mercy Raya - detikSport
Soal Dana Asian Games yang Belum Cair, Ini Penjelasan Menpora Foto: ist
Jakarta - Dana untuk Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC) masih belum turun. Menpora Imam Nahrawi menyebut ada sejumlah hal yang masih berupaya dituntaskan.

Memasuki tahun 2017, panitia lokal Asian Games 2018 (INASGOC) belum bisa menggeber pekerjaannya. Selain dana yang belum cair, Presiden INASGOC, Erick Thohir, menunggu Peraturan Presiden (Perpres) Anggaran.

Padahal sebelumnya pemerintah menjanjikan dana sebesar Rp 500 miliar bisa cair di awal tahun kepada INASGOC. Namun hingga saat ini tanda-tanda dana itu bakal cair belum terlihat, sehingga INASGOC pun tak bisa segera memulai pekerjaannya.

Imam menjelaskan bahwa cairnya dana hanya perkara waktu saja. Adanya perubahan di internal Kementerian Pemuda dan Olahraga membuat proses diakui menjadi terhambat. Selain itu juga masih perlu menunggu payung hukum yang jelas, sementara dananya sendiri sudah siap.

"Ini soal waktu saja karena di internal kami tengah ada perubahan struktur KPA (Kuasa Pengguna Anggaran). Dari satu (KPA) sekarang jadi enam (KPA)," kata Imam, usai melakukan ramah tamah dengan wartawan di kediamannya Widya Chandra III pada Rabu (15/2/2017).

"Yang kedua, INASGOC sendiri yang awalnya menempel di Kuasa Pengguna Anggaran Deputi IV Kemenpora, nah ini sedang dibuat KPA baru. Tentu ini butuh payung hukum, butuh aturan, karena ini lembaga lain, non pemerintah, tetapi tetap menjadi prioritas pemerintah. Jadi hal-hal seperti itu yang memperlambat."

"Saat ini kami sendiri sedang memfinalisasi Peraturan Presiden tersebut terkait dengan pengadaan barang dan jasa secara langsung tanpa tender. Saat ini draft Perpres sudah ada di meja Presiden," ungkapnya.

"Sebab, ke depan Kementerian Keuangan pasti akan mempertanyakan payungnya untuk anggaran," ungkap dia.

Imam memaklumi adanya kekhawatiran publik terkait penyelenggaraan Asian Games yang tidak maksimal jika anggaran telambat. Namun, ia mengimbau masyarakat untuk tetap optimistis.

"Saya kira kita harus optimistis lah. Kita masih punya waktu yang banyak meskipun kami akui dalam hal sosialisasi sedikit terlambat tetapi masih ada evaluasi pasca test event Asian Games tahun ini," pungkas menteri asal Bangkalan ini.
(mcy/raw)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed