DetikSport
Jumat 17 Februari 2017, 20:10 WIB

Binaragawan Ini Bersikukuh Tidak Gunakan Doping di PON Jabar

Mercy Raya - detikSport
Binaragawan Ini Bersikukuh Tidak Gunakan Doping di PON Jabar Foto: Mercy Raya/detikSport
Jakarta - Binaragawan asal Bengkulu I Ketut Gede Arnawa bersikukuh tidak mengonsumsi doping saat tampil pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 Jawa Barat. Dia mengenal semua jenis obat yang dikonsumsinya.

Ketut menjadi satu dari 14 atlet yang dinyatakan gagal menjalani tes doping pada PON dan Pekan Paralimpik Nasional 2016 Jabar. Ketut menjalani sidang dengar pendapat dengan Dewan Disiplin Antidoping pada Jumat (17/2/2017) di Kantor PP Itkon, Senayan, Jakarta.

Peraih perak PON 2016 itu didakwa mengonsumsi obat yang mengandung zat epitrenbolone setelah hasil sampel A keluar dari The National Dope testing Laboratory (NDTL) di New Delhi, India, beberapa waktu lalu.

Di dalam persidangan, Ketut bersikukuh tidak memakai doping. Ketut mengatakan kalau dia bukan orang baru di olahraga binaraga.

"Saya sudah 20 tahun turun di binaraga. Saya juga sebagai brand ambassador (duta) suplemen, tentu saya sudah mempelajari semua jenis suplemen yang saya asup," kata Ketut dalam pembelaannya.

Ketut menunjukkan bukti dengan membawa tujuh jenis obat atau suplemen saat sidang. Sekaligus menyebutkan lima jenis obat yang biasa dikonsumsi dia saat tanding. Namun, Ketut tak membawa serta lima obat itu.

"Buat apa saya berprestasi tetapi ternyata mengonsumsi obat yang justru mengakibatkan penyakit. Kalau saya terindifikasi doping, saya ragu," bantah dia.

Pelatih Ketut, Irwan Alwi, membela anak asuhnya. Sejak mengenal Ketut pada PON 2008 Kaltim dia-lah yang menyuplai nutrisi kepada Ketut.

"Makanya ketika dia terseret doping, kami pun tentu penasaran. Kalau memang dia mengkonsumsi doping saya justru heran. Tujuannya buat apa?" tanya Irwan.

"Apalagi Ketut ini brand ambassador ultimate nutrition yang memang sudah diakui BPOM RI dan dinas kesehatan," tambah dia.

Selain itu, tambah Irwan, Ketut mendapat medali perak karena memang dia menargetkan dan kebetulan lawannya sudah berusia sehingga peluangnya lebih besar.

"Saya juga periksa dia selama pelatnas di Bali. Saya tidak melihat ada bekas pakai injeksi atau apa. Saya juga tahu apa saja yang dikonsumsi dia. Kami tidak yakin Ketut pakai doping dengan sengaja karena sejauh ini dia selalu top three (tiga besar) di PON. Kalau selalu di posisi baik tidak ada alasan pakai doping."

Jika hasil keputusan sidang sudah keluar, Ketut berencana mengajukan banding. Dia juga berencana untuk membuka sampel B untuk membuktikan dirinya tidak bersalah.

Menurut Ketua Dewan Disiplin, Cahyo Adi, menyebut kalau upaya banding bisa dilakukan seorang atlet tapi tidak untuk pembukaan sampel B. Sebab, batas waktu pengajuan sampel kedua sudah lewat batas waktu.

"Boleh saja atlet menyangkal dia tidak memakai doping tetapi bukti hasil laboratorium adalah hasil paling objektif dan tidak terbantahkan. Jadi kalau tidak setuju dengan hasil keputusan misalnya, ya bisa ajukan banding. Tetapi kalau buka sampel B itu tidak bisa lagi, batas waktunya sudah lewat," kata Cahyo.

"Bisa saja. Apalagi jika mengaku sebelum hasil laboratorium keluar tentu akan sangat meringankan. Atau misalnya saya disuruh minum obat ini oleh siapa, itu memberikan keringanan sekali," ujar Cahyo.

"Makanya sebenarnya tujuan dari sidang hearing ini jugaa untuk mengetahui sebenarnya dari mana sumber doping yaang atlet asup ini," ujar dia.



(mcy/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Foto Sport

    Gaya Jokowi Berjaket Asian Games

    DETIKSPORT | Senin 25 Juni 2018, 20:06 WIB Presiden Jokowi meninjau persiapan Asian Games di Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (25/6). Jokowi datang dengan mengenakan jaket Asian Games 2018.
  • Foto Sepakbola

    Persija dan Persebaya Jajal Lapangan PTIK

    DETIKSPORT | Senin 25 Juni 2018, 19:51 WIB Persija dan Persebaya akan bertanding di Stadion PTIK, Selasa (26/6) besok. Jelang laga, kedua kesebelasan menjajal lapangan berkapasitas 1000 orang tersebut.
  • Foto Sport

    Jokowi Tinjau Kesiapan Venue Asian Games di Jakarta

    DETIKSPORT | Senin 25 Juni 2018, 19:01 WIB Presiden Joko Widodo meninjau venue Asian Games di kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (25/6). Peninjauan dilakukan dalam rangka persiapan Asian Games.
  • Lewis Hamilton Juara GP Prancis

    DETIKSPORT | Minggu 24 Juni 2018, 23:34 WIB Pebalap Mercedes Lewis Hamilton keluar sebagai pemenang balapan GP Prancis 2018. Hamilton mengungguli Max Verstappen dan Kimi Raikkonen.
  • Tekad Lorenzo Tinggalkan Ducati dengan Senyuman

    DETIKSPORT | Sabtu 23 Juni 2018, 14:20 WIB Akhir musim ini Jorge Lorenzo akan hijrah dari Ducati. Juga seiring dengan munculnya tren positif, Lorenzo mengungkap tekad meninggalkan Ducati dengan senyuman.
  • 20Detik

    Yuk Bongkar Isi Lemarinya Mesut Ozil!

    DETIKSPORT | Sabtu 23 Juni 2018, 09:25 WIB Gelandang Timnas Jerman, Mesut Ozil, nggak cuma jago menggocek bola. Ia juga punya selera fashion yang mewah loh!
  • Infografis

    5 Blunder Kiper di Piala Dunia

    DETIKSPORT | Sabtu 23 Juni 2018, 09:10 WIB Kiper Argentina, Willy Caballero, melakukan blunder saat versus Kroasia. Berikut ini merupakan deretan kiper lain yang melakukan kesalahan fatal di Piala Dunia.
  • Foto Sepakbola

    Gol Coutinho dan Neymar Singkirkan Kosta Rika

    DETIKSPORT | Jumat 22 Juni 2018, 21:35 WIB Coutinho dan Neymar sukses menangkan Brasil dalam duel matchday kedua Grup E di Piala Dunia 2018. Kekalahan tersebut membuat Kosta Rika tersingkir.
  • Foto Sepakbola

    Wajah-wajah Sedih Suporter Argentina

    DETIKSPORT | Jumat 22 Juni 2018, 15:38 WIB Suporter Argentina tak kuasa menahan air matanya saat menyaksikan Messi dan Tim Tango dikalahkan oleh Kroasia dengan skor 0-3. Berikut foto-fotonya.
  • Foto Bola

    Lionel Messi dan Argentina Panaskan Mesin

    DETIKSPORT | Kamis 21 Juni 2018, 18:59 WIB Timnas Argentina gelar latihan kedua jelang laga melawan Kroasia, Jumat (22/6) dini hari. Sebelumnya, Tim Tango ditahan imbang Islandia di pertandingan perdana.
  • Foto Sepakbola

    Tawa dan Air Mata Suporter Piala Dunia 2018

    DETIKSPORT | Kamis 21 Juni 2018, 13:16 WIB Pesta sepakbola sejagat raya masih bergulir. Dibalik penampilan apik di atas rumput hijau, ada juga momen riang dan haru di tribun penonton. Ini foto-fotonya.
  • 20Detik

    Kroasia Sebut Argentina Lawan yang Mudah

    DETIKSPORT | Kamis 21 Juni 2018, 07:39 WIB Kroasia akan bertemu Argentina dalam laga lanjutan Grup D Piala Dunia 2018. Pelatih Kroasia Zlatko Dalic menyebut ini akan menjadi pertandingan yang mudah.
  • Rossi: Teruslah Membalap, Pedrosa

    DETIKSPORT | Kamis 21 Juni 2018, 07:38 WIB Masa depan Dani Pedrosa di musim depan masih tanda tanya. Rider Yamaha sekaligus rivalnya, Valentino Rossi, hanya berharap Pedrosa terus membalap.
  • Queen's Club Championship

    Wawrinka Tumbang di Babak Kedua

    DETIKSPORT | Kamis 21 Juni 2018, 02:04 WIB Satu lagi petenis top yang tersingkir. Peraih tiga gelar Grand Slam Stan Wawrinka terjegal di babak kedua usai ditekuk Sam Querrey dalam duel tiga set.