Peringati Ulang Tahun ke-65, Kopassus Gelar Komando Run II di Bulan April

Muhammad Taufiqqurahman - Sport
Minggu, 26 Feb 2017 18:15 WIB
Foto: Muhammad Taufiqqurrahman
Jakarta - Kopassus berencana menggelar Komando Run II pada 22-23 April 2017. Ajang itu sebagai salah satu cara merayakan ulang tahun ke-65 Kopassus.

Berkaca kesuksesan edisi pertama Komando Run, Kopassus berencana melanjutkannya. Race central ajang itu akan digelar di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Komando Run II akan membagi peserta menjadi empat kategori berbeda. Yakni, kategori Ultra Marathon 65km, Half Marathon, 10km dan 5km.

Kelompok Ultra Marathon menjadi kelas yang paling bergengsi dalam ajang itu. Kategori tersebut menjadi ciri khas Komando Run, yakni dengan jarak lari setiap tahunnya tak akan sama karena jarak tempuh disesuaikan dengan usia ulang tahun Kopassus

"Tahun ini kami menjanjikan rute yang lebih seru, sedikit berbeda dengan rute tahun lalu, terutama untuk kategori ultra marathon," ujar Ketua Panitia, Komandan Grup Kopassus Kol. Inf. Djon Afriandi.

Jumlah peserta pun akan bertambah menjadi 5.000 pelari terlibat, dibandingkan 4.000 pelari pada tahun lalu. Komposisi jumlah peserta adalah 3.500 untuk umum dan 1.500 untuk kalangan TNI & Polri.

Panitia Komando Run juga akan menyiapkan hadiah menarik yang akan diumumkan dalam waktu dekat menyangkut jumlah hadiah dan kategorinya. Juga akan disediakan hadiah hiburan, antara lain untuk kategori best costume.

Untuk meramaikan suasana, juga akan disiapkan sejumlah hadiah door prize dan sejumlah hiburan yang siap menemani pelari bergembira bersama pada hari itu.

Sebagaimana temanya "The Military Atmosphere Running", atribusi dan dekorasi bernuansa Kopassus akan dihadirkan sepanjang race. Di antaranya, para pelari akan didampingi pacer berkostum Kopassus yang akan berlari bersama pada semua kategori, kecuali ultra marathon. Nuansa militer juga akan tampak dari sejumlah atraksi, di antaranya atraksi terjun bebas (freefall), demo Merpati Putih serta pameran Alutsista.



Para prajurit Kopassus berseragam lengkap pun akan dengan senang hati menemani pelari dan masyarakat berfoto bersama.

"Kami berharap semua yang kami sediakan ini akan menguatkan ikatan antara Kopassus dan masyarakat," ujar Kol. Inf Djon Afriandi lebih lanjut.

Untuk mendukung race, maka akan diadakan acara pendahulu, dalam format Road to Komando Run 2 yang akan diadakan tiga kali pada tanggal 26 Februari, 19 Maret dan 26 Maret. Acara Road to Komando Run adalah lari bersama Kopassus dan komunitas serta masyarakat. Acara ini terbuka untuk umum.

"Pelari, komunitas dan masyarakat yang berminat silakan datang bergabung pada pagi hari di tanggal tersebut, di halaman fX Sudirman," ujar Safrita Aryana, Race Director Komando Run 2. (fiq/fem)