DetikSport
Jumat 03 Maret 2017, 19:45 WIB

Asian Games 2018 Makin Dekat, Menpora Imbau Stake Holder Olahraga Lebih Solid

Femi Diah - detikSport
Asian Games 2018 Makin Dekat, Menpora Imbau Stake Holder Olahraga Lebih Solid Foto: Kemenpora
Jakarta - Hajatan besar Indonesia, Asian Games 2018, makin dekat. Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi pun meminta agar stake holder olahraga lebih sering duduk bersama.

Harapan itu disampaikan Imam dalam acara Konsolidasi Persiapan SEA Games 2017 dan Asian Games 2018 di Auditorium Wisma Menpora, Senayan, Jumat (3/3/2017). Acara itu dihadiri para pejabat eselon I, II , III, staf shli dan staf khusus Kemenpora, perwakilan KOI, KONI, Satlak Prima, Ketua Umum NPC, dan pengurus besar/pusat cabang olahraga.

"Di tahun 2017 banyak event yang akan kita ikuti, seperti SEA Games, Asian Paragames, Islamic Solidarity Game dan single event cabang olahraga lainnya semua komunikasi harus masuk pula kontek anggaran, fasilitasi serta sponsor," ujar Menpora.

Menurut Menpora, baik SEA Games, Asian Games dan Olimpiade, harus memenuhi target prestasi sebagai perbaikan indikator sukses atau tidaknya kerja Kemenpora. Menpora membaginya menjadi event-event dalam target jangka pendek dan jangka panjang. SEA Games 2017 dan Asian Games 2018 masuk dalam rencana jangka pendek.

"Jadi indikator Kemenpora buruk itu manakala target prestasi belum terpenuhi untuk itu baik SEA Games, Asian Games ataupun Olimpiade. Makanya, harus disiapkan secara matang," jelas Menpora.

"Untuk SEA Games 2017 pemerintah tidak mematok peringkat karena tidak semua cabang olahraga di dalamnya semua dipertandingkan, melainkan cabor yang sesuai dengan kemauan tuan rumah, tetapi SEA Games kami jadikan batu loncatan untuk pemenuhan target Asian Games dan Asian Paragames 2018," ucap Imam.

Menpora sekaligus menegaskan misi Indonesia di Asian Games 2018. Menpora membidik empat sukses, yakni sukses penyelenggaraan, prestasi, ekonomi dan sukses kepercayaan publik.

"Jika kita berhasil menjadi tuan rumah yang baik maka kemungkinan peluang besar Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah olimpiade terbuka lebar, untuk itu stakeholder saya harap untuk lebih sering duduk bersama," tuturnya.

Sementara, fokus jangka panjang Kemenpora adalah Olimpiade 2020 dan Asian Games 2022 China.

"Untuk mencapai target jangka panjang kami membutuhkan bantuan dukungan dan kerjasama bapak ibu semua agar perencanaan anggaran Kemenpora sesuai dengan harapan semua ini semua karena Bapak Presiden telah memberikan perhatian lebih kepada olahraga sehingga ke depan Kemenpora menjadi pondasi penting nation branding dan menjadikan Kemenpora andalan Indonesia untuk mempromosikan olahraga di mata dunia," tegas dia.


(fem/din)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed