DetikSport
Jumat 10 Mar 2017, 20:57 WIB

Proses Pemulihan Kondisi Ellyas Pical, Ini Kata Istrinya

Mercy Raya - detikSport
Proses Pemulihan Kondisi Ellyas Pical, Ini Kata Istrinya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Legenda tinju Indonesia, Ellyas Pical, sempat menjalani perawatan di rumah sakit akibat serangan jantung. Kondisi Elly berangsur membaik dengan jadwal rawat jalan.

Ellyas Pical bercanda, tertawa, mempertontonkan pukulan hook dan uppercut kiri andalannya. Memang sih, pukulan itu tak secepat dan sekeras di masa jayanya dulu. Apalagi yang dilawannya Imam Nahrawi, menteri pemuda dan olahraga, yang singgah di rumahnya, Kompleks Duta Bintaro, Tangerang Selatan, Jumat (10/3/2017).

Elly--sapaan karib Ellyas Pical--menjamu rombongan menpora ditemani istri, Rina Siahaya Pical, dan putra sulungnya, Lorinly. Rina menegaskan kalau kondisi suaminya membaik setelah insiden di awal Februari 2017 itu.

"Dia sekarang sudah bisa jalan-jalan sendiri, tidak perlu dipapah lagi. Memang pemulihannya saat ini masih bertahap, tetapi semakin ke sini sudah jauh lebih bagus kesehatannya," kata Rina yang seorang dokter gigi kepada pewarta.

Rina juga masih seboas mungkin menuruti saran dokter yang menangani Elly di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta. Sang dokter berpesan agar Elly tidak terlalu lelah. Juara tinju kelas bantam junior itu dilarang melakukan aktivitas berat. Sebab, tensi darah Elly mendadak naik jika terlalu letih. Makanya, pergerakan Elly pun dibatasi sampai kondisinya benar-benar pulih.

"Paling jalan-jalan santai di luar rumah saja. Tetapi itu tidak lama karena memang tidak bisa dipaksa. Kondisinya sudah jauh lebih baik sejak sepekan lalu kembali ke rumah lagi," ungkap Rina.

Sejak mengalami serangan jantung pada Jumat (17/2/2017), Elly mendapatkan perawatan intensif di ruangan ICU. Pemilik predikat juara dunia IBF kelas bantam junior pada 1985 ini pun mendapatkan tindakan pasang ring.

Sepekan di rumah sakit, kondisi Elly membaik dan dibolehkan pulang pada Rabu (22/2) siang. Namun, saat berada di rumah, malam harinya kondisi Ellyas drop sampai akhirnya harus kembali menjalani perawatan di ruang ICU. Kali ini di rumah sakit Bethsaida, BSD. Tempat di mana pertama kali Ellyas dirawat sebelum dirujuk ke RS Harapan Kita.

Kondisi drop Ellyas disebabkan kurang air minum sehingga dehidrasi dan sesak nafas.

"Awalnya memang kami menyangkanya Om kena serangan lagi. Tetapi saat diperiksa dokter ternyata Om dehidrasi karena kurang minum. Setelah perawatan itu, Rabu pekan lalu baru bisa pulang lagi ke rumah," Rina menjelaskan.

tak ingin kejadian serupa terulang lagi, Rina lebih ketat dalam mengawasi suaminya. Untuk merawat Elly, Rina dibantu kedua anaknya Matthew dan Lorinly Pical, serta suster dan asisten rumah tangga. Mereka bersama-sama mengingatkan jadwal makan dan obat Elly.

"Ya karena Om memang harus makan dua jam sekali. Tidak boleh kelewatan karena akan berakibat pada asam lambung yang naik. Jadi diperhatikan benar," kata dia.

"Saran dokter kan katanya harus banyak minum dan makan. Tetapi makan pun tidak boleh banyak-banyak, paling bubur, makanan yang pengolahannya direbus, tidak boleh santan juga. Jadi, harus diperhatikan benar sekali," imbuhnya.

Rina Pical menjelaskan kondisi terkini suaminya, Ellyas PicalRina Pical menjelaskan kondisi terkini suaminya, Ellyas Pical Foto: Rengga Sancaya

Rina menyebut selama perawatan, suaminya tidak pernah mengeluhkan soal penyakitnya. Sebaliknya, Elly bersemangat.

"Semangatnya sangat tinggi untuk sembuh. Dia tidak pernah mengeluh tentang perawatannya atau apa. Ya, saya cuma berharap keadaan Om bisa lebih baik lagi dan sehat terus," katanya.

Soal kembali bekerja di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Rina mengatakan, akan melihat kondisi terakhir Ellyas. Dia bilang tidak akan memaksa suaminya untuk beraktifitas terlalu berat dulu. "Kita lihat saja seiring waktu dan kondisi terakhirnya," pungkas Rina.

Semoga sehat terus, Ellyas Pical !


(mcy/fem)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed