DetikSport
Sabtu 11 Maret 2017, 00:13 WIB

Kronologis Jatuh Sakitnya Ellyas Pical Hingga Dioperasi

Mercy Raya - detikSport
Kronologis Jatuh Sakitnya Ellyas Pical Hingga Dioperasi Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Legenda tinju Indonesia Ellyas Pical sempat mengejutkan dengan kabar bahwa dia jatuh sakit. Dia sampai menjalani operasi karena penyakit jantungnya.

Tiga pekan menjalani perawatan, kondisi Ellyas kini sudah jauh membaik. Ia bahkan sempat dua kali mendapat kunjungan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

Berikut kronologis kondisi Ellyas Pical sebelum dilarikan ke rumah sakit sampai hari ini, seperti yang dihimpun detikSport:

- 16 Februari 2017 : Ellyas melakukan aktivitas angkat barang di rumah. Saat itu, Elly---panggilan karib Ellyas Pical, merasakan ada rasa sakit di bagian dadanya. Dia yang saat itu bersama anak sulungnya, Lorinly, meminta untuk beristirahat.

"Saat itu saya bertanya, kenapa Pah? lalu dia bilang, saya duduk dulu. Setelah duduk itu, saya 15 tahun bersama dia tidak pernah melihat papah seperti itu. Nafasnya terengah-engah begitu," kata Lorinly kepada detikSport.

"Akhirnya saya berpikir untuk membawa papah ke rumah sakit. Kebetulan ada tante di rumah, akhirnya saya minta ditemani ke rumah sakit Bethsaida BSD."

Dokter mendianogsis bahwa Ellyas mengalami penyumbatan pada bagian jantungnya. Penyumbatan sudah mencapai 95 persen dan harus masuk ruang ICU.

- 17 Februari 2017 : Ellyas dirujuk ke RS Harapan Kita, Jakarta, untuk menjalani operasi pasang ring di jantung Elly. Di sana, Elly dirawat selama enam hari.

- 18 Februari 2017 : Menpora Imam Nahrawi menjenguk ke rumah sakit Harapan Kita, Jakarta, untuk melihat kondisi Ellyas Pical. Saat itu kondisi Ellyas diucapkan Imam sudah jauh lebih baik setelah pasang ring. Bahkan, tensinya sudah turun dari 180/79 menjadi 158/79. Ellyas diminta banyak beristirahat.

- 21 Februari 2017 : Ellyas dikabarkan meninggal dunia. Namun, kabar tersebut langsung dibantah pihak keluarga dan menyebut kondisi Elly sudah membaik.

- 22 Februari 2017, pukul 14.00 WIB : Kondisi Ellyas membaik dan diperbolehkan pulang dari rumah sakit jantung Harapan Kita.

Tapi di hari yang sama pada malam harinya, kondisi Elly turun sampai akhirnya harus kembali menjalani perawatan di ruang ICU RS Bethsaida. Pihak keluarga mengatakan jika Elly mengalami dehidrasi karena kurang minum.

- 1 Maret 2017 : Setelah menjalani perawatan Elly kembali ke rumahnya di kawasan Bintaro. Selama itu pula, praktis keluarga memproteksi setiap aktifitas Elly. Dia harus beristirahat agar benar-benar pulih.

- 10 Maret 2017 : Menpora Imam Nahrawi kembali menjenguk Elly. Kali ini, ke rumahnya Ellyas di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan. Imam ditemani jajarannya dan artis Olga Lidya. Olga berencana untuk mengangkat kisah Elly dalam layar lebar. Rencana ditayangkan Oktober 2018.

Kondisi jantung Elly sendiri sudah jauh lebih baik, dia hanya perlu menjalani rawat jalan sekali setiap minggu ke RS Harapan Kita. Elly juga masih harus beristirahat karena asam lambungnya sering naik.

Pihak keluarga belum menetapkan kapan Ellyas bisa beraktivitas kerja kembali. Mereka masih menunggu waktu dan melihat kondisi terakhir Elly.
(mcy/raw)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed