DetikSport
Rabu 15 Maret 2017, 16:55 WIB

Demi Efisiensi, Jumlah Cabor Asian Games 2018 Akan Dikurangi

Mercy Raya - detikSport
Demi Efisiensi, Jumlah Cabor Asian Games 2018 Akan Dikurangi Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Cabang olahraga di Asian Games 2018 akan dikurangi. Dari 42 menjadi 37 cabor.

Kesepakatan itu diputusakan dalam rapat koordinasi asian Games 2018. Rapat dipimpian oleh wakil Presiden Jusuf Kalla yang juga menjabat sebagai ketua dewan pengarah Asian Games 2018. Rapat itu juga diikuti INASGOC di ruang lantai 3 Gedung Kemenpora Senayan, pada Rabu (15/3/2017).

Keputusan itu diambil demi efisiensi anggaran. Usulan akan segera disampaikan kepada Olympic Council Asia (OCA).

"Wapres ingin ini tidak boleh melampaui Asian Games di Incheon kemarin, maksimal boleh 37 cabor. Tentu, hal ini yang harus kami laksanakan karena panitia pengarah sudah memutuskan harus sama seperti Incheon. Kami harus lakukan itu untuk melakukan komunikasi lagi kepada OCA, bahwa Indonesia tidak siap untuk melaksanakan kegiatan pada 42 cabor," ujar dia.

"Nah, cabor apa saja? Akan kami usulkan lagi kepada OCA. Tentu sebelum 29 Maret ini harus segera kami negosiasi lagi kepada mereka," tambahnya.

Baik OCA maupun INASGOC sebelumnya telah bersepakat untuk menggelar 484 nomor dari 42 cabang olahraga yang dipertandingkan.

"OCA belum tahu. Tapi, setelah ini kami akan kirim surat. Indonesia akan dipertahankan yang mana? detailnya nanti berikutnya, kami pasti targetkan peringkat 8-10, " kata dia.

Kendati ada pengurangan cabor, Imam meyakini, untuk masalah target tak akan berubah. Indonesia ditargetkan meraih peringkat 8--10 Asia dengan capaian minimal 23 medali emas.

"Semakin banyak cabor tentu akan semakin kecil peluang kita. Karena banyak cabor yang tidak ada di Indonesia tapi dipertandingkan juga. Demikian juga dari negara-negara lain di kawasan. Saya kira berkurangnya cabor tidak akan mengubah ekspektasi kita untuk mencapai target peringkat, " ungkap dia.

"Untuk strategi bagaimana, itu rahasia dapur Prima. Begitu soal cabor mana yang akan dikurangi apakah cabor Olimpiade atau tidak. Kami akan lakukan negosiasi tapi untuk Olimpiade mungkin berat. Ini yang menjadi tugas Prima untuk kaji betul secara detail dari mana cabor yang harus segera diusulkan ke OCA untuk dikurangi," ujar politisi PKB itu.



(mcy/fem)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed