DetikSport
Kamis 16 Maret 2017, 14:05 WIB

Hijab Para Atlet: Bukan Sekadar Penutup Kepala

Femi Diah - detikSport
Hijab Para Atlet: Bukan Sekadar Penutup Kepala Foto: Francois Nel/Getty Images
Jakarta - Rencana Nike meluncurkan hijab untuk para atlet profesional mencuri perhatian dunia. Sekaligus penanda pengakuan terhadap eksistensi atlet muslimah?

"Kami hidup dalam negara terpanas di dunia, so menutup leher sampai kepala menjadi sebuah tantangan. Buat para wanita, berlari 3 kilometer dalam suhu tersebut sangat mencekik."

Begitulah curahan hati (curhat) Manal Rostom, perempuan 37 tahun dari Mesir yang gemar berolahraga alam bebas. Rostom adalah pelatih lari yang tercatat sebagai perempuan Mesir berhijab pertama yang mendaki Gunung Everest. Dia juga pendiri komunitas Surviving Hijab.

Rostom menilai bukan cuma soal nilai-nilai konservatif yang membuat perempuan di negaranya dan negara-negara Timur lainnya enggan berolahraga. Namun, juga suhu tinggi di daerah mereka.


Amna Al Haddad, seorang lifter dari Uni Emirat Arab, memiliki persoalan lain. Dia mengeluhkan sulitnya menemukan hijab yang pas saat mengikuti kejuaraan. Atlet yang menjadi kontestan Olimpiade 2016 Rio de Janeiro itu cuma punya satu hijab yang dirasa pas dan nyaman.

Nike merespons persoalan-persoalan atlet berhijab itu dengan cepat. Mereka merencanakan merilis hijab instan dengan kelebihan yang diklaim bakal membuat seorang atlet berhijab bisa tampil lebih maksimal.

Pada 7 Maret 2017, Nike mengumumkan bakal merilis Nike Pro Hijab pada musim panas tahun 2018.

"Gerakan ini merespons tanggapan internasional pada tahun 2012, ketika seorang pelari berjilbab mengambil panggung global di London," demikian pernyataan Global Nike Megan Saalfeld seperti dikutip English Al Arabiya.

Kalimat Saalfeld itu merujuk kepada penampilan pelari perempuan Arab Saudi, Sarah Attar, di nomor 800 meter. Dia menjadi sorotan pada Olimpiade 2012 London karena tampil dengan hijab.

Sarah Attar, atlet berhijab dari Arab Saudi pada Olimpiade 2012 LondonSarah Attar, atlet Arab Saudi, pad anomor 800 meter di Olimpiade 2012 London Foto: AFP PHOTO / GABRIEL BOUYS

"Sejak itu kami bekerja dengan Amna dan beberapa atlet lain untuk melihat apa yang mereka butuhkan dan inginkan saat tampil dengan hijab. Setelah itu kami mengetahui kalau mereka butuh hijab yang ringan dan sirkulasi udaranya bagus, dan tak mudah bergeser," Saalfeld.

Nike menyebut Nike Pro Hijab itu dibuat dari bahan polyester yang ringan dan fleksibel, memiliki lubang-lubang kecil di kepala untuk melancarakan sirkulasi udara, serta tidak mudah bergeser dan berkerut saat dipakai.

Selain itu, Nike Pro Hijab juga telah merencanakan warna yang bakal diluncurkan. Mereka memilih warna-warna netral, yakni hitam, abu-abu, dan obsidian.

Kalau Nike dan Rostom sama-sama berada dalam simbiosis mutualisme, sama-sama untung, ada pihak lain yang melihat peluncuran hijab oleh Nike berimbas terhadap hal yang lebih luas. Ada dua alasan utama hingga rencana peluncuran Nike Pro Hijab itu menjadi kontroversi.

Pertama, Nike bukanlah produsen apparel biasa. Nike adalah produsen apparel raksasa. Sudah begitu, Nike bermarkas di Amerika Serikat.

Rencana itu pun memicu kegaduhan. Ada yang mendukung keputusan Nike, ada pula yang merespons dengan negatif.

Mereka yang tak setuju, bahkan sampai memboikot produk Nike, menilai dengan meluncurkan Nike Pro Hijab, Nike telah mendukung penindasan terhadap kaum wanita. Selain itu, Nike dinilai telah mengomersialisasikan hijab.

Sementara Amna yang berharap besar terhadap produk Nike, menilai wajar kalau Nike memanfaatkan pasar baru. Sebab, kebutuhan wanita berhijab hanya salah satu dari sekian banyak potensi pasar yang ada.
Amna Al Haddad, lifter UEA yang kini jadi motivator sekaligus konsultan NIke dalam membuat Nike Pro HijabAmna Al Haddad, lifter UEA yang kini jadi motivator sekaligus konsultan NIke dalam membuat Nike Pro Hijab Foto: Francois Nel/Getty Images for FBMA

Selain itu, Amna yang jadi konsultan Nike Pro HIjab, menilai respons Nike dengan menyediakan hijab untuk atlet elite sekaligus jadi kesempatan para perempuan untuk memperjuangkan hak memakai penutup kepala dalam setiap turnamen.

Para atlet wanita itu diyakini bisa lebih mudah untuk mendapatkan kedudukan setara saat tampil di tengah gelanggang. Selain itu, mereka sekaligus membangun budaya baru agar tak ada lagi halangan bagi perempuan untuk berolahraga, baik menjalaninya sebagai hobi ataupun profesional.

"Saya mendukung semua wanita muslim, baik yang memakai jilbab maupun tidak. Tapi, dengan adanya 'Nike Pro Hijab' itu tentunya akan mendorong generasi atlet baru untuk terjun ke olahraga yang profesional," imbuh dia.



(fem/din)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Raihan Podium Marquez Sesuai Target Honda

    DETIKSPORT | Senin 26 Juni 2017, 01:22 WIB Rider Honda, Marc Marquez, cukup puas dengan raihan posisi ketiga di MotoGP Belanda. Baby Allien menyebutnya sudah sesuai target.
  • Ricciardo Menangi Balapan di Baku

    DETIKSPORT | Minggu 25 Juni 2017, 22:27 WIB Driver Red Bull, Daniel Ricciardo, menjadi pemenang balapan di GP Azerbaijan. Dia diuntungkan insiden antara Lewis Hamilton dengan Sebastian Vettel.
  • Setelah Setahun, Rossi Akhirnya Menang Lagi

    DETIKSPORT | Minggu 25 Juni 2017, 20:07 WIB Valentino Rossi girang bukan kepalang setelah menjuarai MotoGP Belanda. Hasil positif ini turut mengakhiri penantian panjang Rossi akan kemenangan.
  • MotoGP Belanda

    Rossi Menangi Balapan Seru di Assen

    DETIKSPORT | Minggu 25 Juni 2017, 19:15 WIB Rider Yamaha Valentino Rossi meraih kemenangan pertamanya di musim ini usai menjuarai MotoGP Belanda. Rossi mengalahkan Danilo Petrucci lewat duel menegangkan.
  • Hasil Balapan MotoGP Belanda

    DETIKSPORT | Minggu 25 Juni 2017, 19:00 WIB Balapan seru tersaji di sepanjang MotoGP Belanda. Rider Yamaha Valentino Rossi berhasil keluar sebagai pemenang setelah berduel sengit dengan Danilo Petrucci.
  • Praveen/Debby Kalah karena Kurang Sabar

    DETIKSPORT | Minggu 25 Juni 2017, 17:38 WIB Ganda campuran Praveen Jordan/Debby Susanto harus puas dengan titel runner-up di Australia Terbuka Super Series. Kekalahan itu diakui karena kurang sabar.
  • Australia Terbuka Super Series

    Praveen/Debby Gagal Persembahkan Gelar Juara

    DETIKSPORT | Minggu 25 Juni 2017, 16:07 WIB Tepat di Hari Lebaran, Praveen Jordan/Debby Susanto dipaksa menelan pil pahit. Praveen/Debby gagal meraih gelar juara usai kalah dari pasangan China.
  • Australia Terbuka Super Series

    Hendra/Tan Gagal Juara, Jepang Rebut Tiga Gelar

    DETIKSPORT | Minggu 25 Juni 2017, 14:25 WIB Hendra Setiawan/Tan Boon Heong gagal meraih gelar juara setelah dikalahkan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda. Hasil tersebut turut menandai dominasi Jepang.
  • Kualifikasi Terburuk dalam Karier Lorenzo

    DETIKSPORT | Minggu 25 Juni 2017, 08:17 WIB Kualifikasi MotoGP Belanda menjadi salah satu hari terburuk dalam karier Jorge Lorenzo. Sebab Lorenzo start dari posisi yang tak pernah dibayangkan sebelumnya.
  • Kualifikasi yang Seru Menurut Hamilton

    DETIKSPORT | Minggu 25 Juni 2017, 05:13 WIB Lewis Hamilton meraih posisi pole di GP Azerbaijan. Pebalap Mercedes itu menilai jalannya kualifikasi berjalan seru.
  • GP Azerbaijan

    Vettel Tak Cukup Senang Start dari Posisi Empat

    DETIKSPORT | Minggu 25 Juni 2017, 02:00 WIB Driver Ferrari, Sebastian Vettel, menempati posisi start keempat di GP Azerbaijan. Meski menyebutnya sebagai hasil bagus, tapi Vettel tak sepenuhnya senang.
  • Kualifikasi GP Azerbaijan

    Kalahkan Bottas, Hamilton Pole di Baku

    DETIKSPORT | Sabtu 24 Juni 2017, 21:24 WIB Pertarungan sengit terjadi di Kualifikasi GP Azerbaijan antara Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas. Duel sesama pebalap Mercedes itu dimenangi Hamilton.
  • Kualifikasi MotoGP Belanda

    Zarco Rebut Pole, Marquez Kedua

    DETIKSPORT | Sabtu 24 Juni 2017, 20:18 WIB Kejutan terjadi di kualifikasi setelah Johann Zarco merebut pole position. Dalam meraihnya, pebalap Tech3 itu mengalahkan Marc Marquez dan Danilo Petrucci.
  • Free Practice III GP Azerbaijan

    Bottas Kuasai Sesi Terakhir

    DETIKSPORT | Sabtu 24 Juni 2017, 18:47 WIB Latihan bebas pamungkas menjadi milik Valtteri Bottas. Pebalap Mercedes itu membukukan waktu terbaik di depan kompatriotnya, Kimi Raikkonen, dan Lewis Hamilton.
  • Australia Terbuka Super Series

    Tundukkan Ganda Putra China, Hendra/Tan ke Partai Puncak

    DETIKSPORT | Sabtu 24 Juni 2017, 17:18 WIB Pasangan 'gado-gado' Hendra Setiawan/Tan Boon Heong mengalahkan Liu Cheng/Zhang Nan dalam duel ketat tiga gim. Kemenangan ini mengantarkan mereka ke final.
  • Free Practice III MotoGP Belanda

    Redding Tercepat di Assen yang Basah

    DETIKSPORT | Sabtu 24 Juni 2017, 16:16 WIB Pebalap Pramac Scott Redding menjadi kejutan setelah menguasai latihan bebas ketiga, Sabtu (24/6)/2017). Redding mengalahkan Valentino Rossi dan Marc Marquez.
  • Jelang MotoGP Belanda

    Hari yang Sangat Sulit untuk Lorenzo

    DETIKSPORT | Sabtu 24 Juni 2017, 12:52 WIB Sejak awal sesi latihan bebas pertama, Jorge Lorenzo sudah mengalami kejadian tak mengenakkan. Selanjutnya, hari barjalan buruk untuk dia.
  • Australia Terbuka Super Series

    Praveen/Debby Melangkah ke Final

    DETIKSPORT | Sabtu 24 Juni 2017, 12:59 WIB Praveen Jordan/Debby Susanto tinggal selangkah dari gelar juara. Ganda campuran Indonesia ini lolos ke final usai menyingkirkan pasangan Korea dua gim langsung.
  • Jelang MotoGP Belanda

    Marquez: Yamaha Selangkah di Depan

    DETIKSPORT | Sabtu 24 Juni 2017, 11:16 WIB Dari dua sesi latihan bebas pertama MotoGP Belanda, Marc Marquez tak menyangkal kalau Yamaha punya performa lebih baik. Yamaha disebutnya selangkah di depan.
  • Hari Jumat Paling Positif untuk Verstappen

    DETIKSPORT | Sabtu 24 Juni 2017, 08:01 WIB Driver Red Bull, Max Verstappen, menguasai sesi hari Jumat balapan di GP Azerbaijan. Dia menilainya sebagai sesi pertama balapan paling positif tahun ini.
  • Vinales Puas dengan Performa Motor Yamaha

    DETIKSPORT | Sabtu 24 Juni 2017, 01:03 WIB Rider Yamaha, Maverick Vinales, puas dengan penampilan motornya di hari pertama latihan bebas MotoGP Belanda. Tapi, dia merasa masih perlu ada peningkatan.
  • F2

    Sean Gelael: Sirkuit Baku Terlalu Tricky

    DETIKSPORT | Jumat 23 Juni 2017, 23:02 WIB Sean Gelael menegaskan bahwa mengaspal di Sirkuit Baku City tidaklah mudah. Sirkut yang berada di negara Azerbaijan itu dinilai terlalu tricky.
  • Free Practice II GP Azerbaijan

    Verstappen Kembali yang Tercepat

    DETIKSPORT | Jumat 23 Juni 2017, 21:50 WIB Max Verstappen menjadi pebalap terdepan di sesi latihan bebas kedua GP Azerbaijan. Dia mengungguli pebalap Mercedes, Valtteri Bottas.
  • Free Practice II MotoGP Belanda

    Vinales Kuasai Latihan Kedua

    DETIKSPORT | Jumat 23 Juni 2017, 20:11 WIB Maverick Vinales tampil sebagai yang tercepat di sesi latihan bebas kedua MotoGP Belanda. Rider Movistar Yamaha ini mengungguli Jonas Folger dan Marc Marquez.
  • Free Practice I GP Azerbaijan

    Verstappen Terdepan, Red Bull Rebut Posisi 1-2

    DETIKSPORT | Jumat 23 Juni 2017, 17:50 WIB Max Verstappen merebut posisi terdepan di latihan bebas pertama GP Azerbaijan. Red Bull dominan di sesi ini usai Daniel Ricciardo finis kedua.
  • Australia Terbuka Super Series

    Praveen/Debby Lanjut ke Semifinal

    DETIKSPORT | Jumat 23 Juni 2017, 17:27 WIB Praveen Jordan/Debby Susanto mantap ke semifinal. Ganda campuran Indonesia itu tak terlalu kesulitan mengatasi ganda Malaysia Chan Peng Soon/Cheah Yee See.
  • Free Practice I MotoGP Belanda

    Petrucci Jadi yang Tercepat di Latihan Pertama

    DETIKSPORT | Jumat 23 Juni 2017, 16:20 WIB Latihan pertama MotoGP Belanda memunculkan nama Danilo Petrucci sebagai yang tercepat. Tak ada pebalap tim pabrikan di tiga terdepan pada sesi ini.