DetikSport
Kamis 16 Maret 2017, 17:19 WIB

Panah Sering Nyangkut Saat Titi Mulai Kenakan Hijab

Mercy Raya - detikSport
Panah Sering Nyangkut Saat Titi Mulai Kenakan Hijab Foto: dok. pribadi
Jakarta - Titi Kusumawardhani sempat kesulitan di awal masa mengenakan hijab. Panah sempat nyangkut di jilbab.

Titi mengenakan hijab mulai 2011. Pepanah nasional itu mendapatkan bisikan dari mimpi.

Sempat bimbang, Titi mengajukan 'tantangan' untuk berhijab jika mimpi serupa terulang. Ternyata, Titi mendapatkan mimpi yang sama. Mimpi itu mendatanginya saat mengikuti pertandingan internasional.

"Ya, akhirnya sejak itu saya bicara ke orang tua saya untuk berhijab.Orang tua sangat mendukung banget asal memang sudah mantap," kata Titi dalam obrolan dengan detikSport, pada Kamis (16/3/2017).

Periode awal mengenakan hijab tidak mulus. Dia belum yakin benar untuk memakai hijab. Kadang kala, Titi ingin terus memakainya, kadang kala muncul keinginan melepasnya.

Apalagi, dia kesulitan saat latihan, sampai-sampai diminta untuk melepas hijab agar bisa tampil lebih optimal. Sebab, saat itu dia tengah mengikuti tes masuk tim inti timnas panahan menuju SEA Games 2011 Palembang.

"Pertama pakai saat latihan memang cukup ganggu karena sering nyangkut. Alhasil, skor saya turun banyak. Pelatih sempat kasih saran bagaimana kalau latihan hijabnya dilepas, kalau lagi biasa pakai lagi. Ya, saat itu saya berpikir masa begitu. Akhirnya saya bilang ke pelatih pakai dalaman hijab (ciput) saja," ujar Titi.

Dalam prosesnya, Titi terbiasa beraktivitas dengan mengenakan hijab. Bahkan, setahun lalu dia sudah mulai mencoba hijab jenis ninja meski terkadang masih suka tersangkut.

"Sebelum PON sudah mulai mencoba jenis ninja. Sekarang sudah pakai hijab biasa, tapi harus dimasukin ke baju agar tidak sangkut-sangkut," jelas Titi.

Mengenai jenis bahan dan harga membeli kerudung, Titi tidak terlalu ngoyo. Selama bahannya nyaman dan aman saat bertanding, dia tidak masalah.

"Kalau saya tipenya biasa saja. Tidak ada harga khusus seperti apa, standar saja. Yang penting aman dan nyaman dipakai," ungkao dia.

Menariknya, saat ini tidak hanya Titi yang mengenakan hijab. Pepanah-pepanah lain yang merupakan satu grup dengan Titi di tim recurve, seperti Ika Yuliana dan Diananda Choirunisa. Dia juga menyambut positif karena saat ini tren hijab sudah semakin merata.

"Dulu memang jarang tetapi sekarang banyak saya senang sekali, tetapi semua itu memang tergantung pribadi masing-masing mantapnya seperti apa. Sekarang pun teman-teman saya satu grup sudah pakai hijab. Seru sih jadi ada temannya," kata Titi disertai tawa.

Titi memiliki pesan khusus untuk para atlet yang ingin berhijab. "Pesannya kalau sudah mantap pakai hijab ya jalani saja. (Persoalan di depan ada tantangan) nanti pasti ada jalan keluarnya," tukas dia.



(mcy/fem)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed