DetikSport
Jumat 17 Maret 2017, 16:43 WIB

Raja Sapta Oktohari Jadi Ketua Panpel Asian Paragames 2018

Mercy Raya - detikSport
Raja Sapta Oktohari Jadi Ketua Panpel Asian Paragames 2018 Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Raja Sapta Oktohari ditunjuk jadi ketua panitia penyelanggara (panpel) Asian Paragames 2018. Dia dipilih karena punya pengalaman dan koneksi yang luas.

Hal itu disampaikan Sekretaris Menpora Gatot S. Dewa Broto usai mendampingi Menpora Imam Nahrawi bertemu delegasi Asian Paralympic Committee di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Jumat (17/3/2017). Raja dipilih langsung oleh Menpora Imam Nahrawi.

"Kami sudah memilih Raja Sapta Oktohari yang akan menjabat sebagai Ketua INAPGOC. Ibaratnya seperti Erick Thohir-nya lah. Ketua Panitia Penyelenggara tetapi untuk Asian Paragames," kata Gatot.

Dijelaskan Gatot, awalnya memang ada tiga nama yang diusulkan untuk menjadi Ketua INAPGOC, yaitu Ketua PB PABBSI Rosan Perkasa Roeslani, Wakil Ketua NPC Pusat Pribadi, dan terakhir Raja Sapta Oktohari.

Pertimbangan saat itu, kata Gatot, Rosan mengatakan belum bisa. Sementara Pribadi memang Wakil Ketua National Paralympic Committe (NPC) tetapi tidak otomatis harus jadi pimpinan dari bidang itu juga.

"Karenanya diputuskan Oktohari yang jadi ketuanya. Memang saat ini Surat Keputusannya belum jadi. Tetapi kami akan upayakan malam ini bisa terbit karena akan dibawa juga pada pertemuan dengan delegasi Asian Paralympic Committee di Ancol nanti," ungkap Gatot.

Di samping itu, Gatot juga menyampaikan pertimbangan memilih Oktohari adalah karena pengalamannya sebagai Chef de Mission (CdM) Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Selain itu bos Mahkota Promotion ini juga menjabat sebagai ketua Federasi Balap Sepeda Indonesia.

"Jadi sebenarnya hubungannya dengan olahraga bukan hal baru dna terakhir adalah beliau punya koneksi yang cukup luas. Seperti kita tahu anggaran untuk penyelenggaraan multievent ini kan terbatas dari negara. Makanya kami harpa dengan koneksi ini bisa menjadi cara untuk mencari sponsor. Sama seperti kami memilih Erick Thohir sebagai Ketua INASGOC adalah karena alasan itu salah satunya. Sejauh ini beliau siap apa yang diperintahkan oleh bapak Menteri," tuturnya.

Secara terpisah, Oktohari mengatakan alasan dirinya menerima posisi tersebut karena merasa bahwa itu merupakan sebuah tugas mulia.

"Saya diberi tanggungjawab dan berterimakasih. Satu hal ini tantangan besar. Kedua, saya sudah mengerjakan olahraga sudah biasa, mulai dari tinju, balap sepeda, sudah biasa. Tapi ini pekerjaan luar biasa jadi harus diterima. Karena mengurus orang-orang yang banyak kelebihan. Makanya, saat ditawarkan pun langsung saya terima tanpa pikir panjang," sebut Okto.




(mcy/krs)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed