DetikSport
Kamis 23 Maret 2017, 12:30 WIB

Ritual Dan Jimat Sang Juara

Ritual dan Benda Kesayangan sebagai 'Jimat' Para Atlet

Femi Diah - detikSport
Ritual dan Benda Kesayangan sebagai Jimat Para Atlet Foto: Elsa/Getty Images
Jakarta - Tak sedikit atlet yang memiliki benda-benda kesayangan hingga jadi jimat keberuntungan dalam tiap kejuaraan yang diikuti. Juga ritual yang tak bisa ditinggalkan.

Barang kesayangan dan ritual para atlet bisa beraneka ragam. Bisa bermula dari ketidaksengajaan kemudian menjadi keterusan ataupun gangguan psikologis.

Pemain Barcelona Luis Suarez punya kebiasaan menggigit lawan sampai disebut-sebut aksi itu adalah ritual agar timnya menuai hoki. Itu sih cuma candaan dan sindiran buat Suarez.

Menurut Independent, Suarez memiliki kebiasaan yang selalu dilakukannya sebelum kick-off. Dia minum teh herbal khas Uruguay. Bahkan, adah minumnya punya bentuk khusus. Malah, kebiasaan itu jadi cara Suarez untuk beramah-tamah dengan teman-teman di klub.



Pebalap F1 Mercedes Felipe Massa, 35 tahun, juga punya kebiasaan unik yang ternyata dianggap jadi hoki. Dia bilang memakai celana dalam sebagai jimat saat tampil pada musim 2006.

Massa yang waktu itu menjadi pebalap Ferrari menutup musim dengan ada di urutan ketiga, dengan juara dunia Fernando Alonso dan rekan satu timnya dari Ferrari, Michael Schumacher.

Beda lagi dengan Andre Agassi, 46 tahun. Petenis legendaris Amerika Serikat itu gemar tak pakai celana dalam saat tampil dalam sebuah kejuaraan.
Petenis AS, Andre Agassi, saat tampil pada Prancis TerbukaPetenis AS, Andre Agassi, saat tampil pada Prancis Terbuka Foto: Allsport UK

Kebiasaan itu dimulai Agassi tanpa kesengajaan. Suatu ketika dia mengikuti Prancis Terbuka dan lupa membawa celana dalam. Nah, ketimbang memakai celana dalam orang lain, dia memutuskan untuk turun ke lapangan tanpa celana dalam. Setelah menang di babak pertama, dia pun merasa nyaman dan terus menang tanpa mengenakan celana dalam.

Michael Jordan legenda NBA juga memiliki kebiasaan unik yang menurutnya baa hoki. Seperti dilansir Mensfitness dia selalu memakai celana pendek yang sudah dimiliknya sejak kuliah di University of Carolina.

Bahkan, dalam film Space Jam, dimunculkan adegan Bugs Bunny harus mengambil celana keberuntungan itu agar Jordan bisa bermain. Dia juga percaya nomor punggung keberuntungan, 23.
Michael Jordan saat tampil bersama Chicago BullMichael Jordan saat tampil bersama Chicago Bull Foto: Getty Images

Rafael Nadal beda lagi. Petenis Spanyol itu memiliki 19 kebiasaan yang harus dilakukannya menjelang dan selama pertandingan. Disebut-sebut ritual itu untuk membantu dia meningkatkan fokus saat bertanding.

Ada yang menilai kebiasaan itu terkait OCD (obsessive compulsive disorder) atau gangguan psikologis yang menyebabkan seseorang memiliki pikiran obsesif dan perilaku yang bersifat kompulsif.
Rafael NadalRafael Nadal Foto: Getty Images/Cameron Spencer

Sebagian atlet Indonesia juga memiliki kebiasaan tersebut. Seperti apa?

Mantan pemain bulutangkis Christian Hadinata, pemain bulutangkis Gloria Emanuelle Widjaja, pemain Arema FC, pemain Persib Tantan, serta beberapa atlet lain mengungkapkan kebiasaan yang dilakukan dalam tiap pertandingan.


(fem/din)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed