detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 01 Apr 2017 00:28 WIB

Chef de Mission dan Target SEA Games Belum Ditentukan

Mercy Raya - detikSport
Foto: Screenshot Foto: Screenshot
Jakarta - Pesta olahraga SEA Games 2017 bergulir kurang dari lima bulan lagi. Tapi hingga kini siapa yang akan jadi komandan kontingen belum ditentukan, juga soal target.

SEA Games 2017 akan digelar pada 19-31 Agustus di Malaysia. Ada 38 cabang olahraga yang bakal dipertandingkan dengan total 405 nomor. Akan tetapi, lima bulan jelang perhelatan KOI belum juga memilih CdM kontingen Indonesia.

"Belum..sementara dalam waktu ke depan (soal komandan kontingen)," kata Komisi Sport and Law KOI, Helen Sarita de Lima, yang diperbantukan untuk membantu mengkoordinir multievent, saat dihubungi detikSport, Jumat (31/3/2017).

Berkaca dari perhelatan sebelumnya, Komandan Kontingen atau Chef de Mission selalu ditunjuk mendekati event akan digelar. Hasilnya, CdM tidak memiliki waktu untuk mengenal kontingen.

Padahal penunjukkan yang cepat sangat penting demi memudahkan koordinasi dan komunikasi antara atlet dan stakeholder, juga antara lembaga.

Perubahan positif dilakukan pemerintah saat menunjuk Komandan Kontingen Olimpiade Rio de Janeiro Raja Sapta Oktohari, yakni delapan bulan sebelum perhelatan. Sayangnya, di SEA Games kali ini, kebiasaan tersebut terulang.

Tidak hanya soal Chef de Mission, Helen juga mengaku belum ada pembahasan soal target Indonesia di ajang tersebut. "Belum, kami belum dalam tahap pembahasan sampai mana," ucapnya. (mcy/rin)
koi
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com