DetikSport
Senin 03 April 2017, 06:23 WIB

Asia Road Racing Championship

Sebuah Awal yang Baik untuk AHRT

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Sebuah Awal yang Baik untuk AHRT Foto: detikSport/Meylan Fredy Ismawan
Johor - Raut kegembiraan terpancar jelas dari wajah-wajah anggota tim Astra Honda Racing Team (AHRT) setelah Irfan Ardiansyah dipastikan naik podium. Podium untuk Irfan makin melengkapi kesuksesan tim di seri perdana Asia Road Racing Championship (ARRC) 2017.

Keberhasilan Irfan finis ketiga dalam Race 2 kelas supersports 600cc di Sirkuit Johor, Malaysia, Minggu (2/4/2017), memang di luar ekspektasi AHRT. Irfan tak dibebani target yang muluk-muluk karena dia memang baru menjalani musim penuh pertamanya di ARRC.

Sebelum Irfan naik podium, Gerry Salim yang turun di kelas Asia Production 250 (AP250) lebih dulu mengharumkan nama Indonesia. Gerry dua kali naik podium teratas setelah memenangi Race 1 dan Race 2.

Dua kemenangan yang diraih Gerry terasa istimewa karena AHRT sebenarnya baru musim ini ambil bagian di kelas AP250 dan masih dalam proses mengumpulkan data. Sementara tim-tim pabrikan lain punya data yang lebih kaya karena sudah beberapa tahun mengikuti kelas ini.

"Kalau untuk AP250 kami memang sejak awal ada target khusus sih. Kalau untuk Irfan kan dia rookie di tahun pertama dan juga di Johor. Kalau buat saya secara pribadi, ini artinya selain rider, secara total para mekanik pun kerja kerasnya selama ini juga sudah lebih baik daripada tahun lalu," ujar Senior Manager Safety Riding dan Motorsport PT Astra Honda Motor, Anggono Iriawan, kepada detikSport di Sirkuit Johor, Minggu (2/4).

"Tapi, tidak sampai di sini saja. Ini awalan yang sangat baik, tapi ini baru seri pertama. Kita lihat (dalam seri kedua) di Buriram seperti apa. Tentu pressure akan berbeda," imbuh Anggono.

Selain Gerry dan Irfan, dua pebalap AHRT yang lain, Rheza Danica Ahrens dan Awhin Sanjaya, juga mendapatkan hasil positif di kelas AP250. Rheza finis di posisi keempat dan kelima, sedangkan Awhin finis di posisi kelima dan kedelapan. Rheza bahkan sempat punya peluang untuk naik podium di Race 2, sayangnya dia terkena penalti akibat melakukan jump start.

"Kalau juara 1-nya sih puas, tapi kan ada peluang podium lain dari Rheza. Kalau itu terisi akan lebih perfect, sangat sempurna. Tapi double winner di seri pertama itu luar biasa," ujar Anggono.

Seri kedua ARRC 2017 akan digelar di Chang International Circuit, Buriram, Thailand, pada 14-15 April mendatang. AHRT akan terus melakukan pembenahan demi meraih hasil bagus di seri tersebut.

"Tentunya improve-nya nggak cuma di rider, tapi juga di mekanik, flow kerja, manajemen waktu. Kami akan evaluasi. Oke hasilnya seperti ini, tapi kami masih punya ruang untuk improve. Rasanya di Buriram kami nggak mungkin cara kerjanya seperti ini, harus lebih ditingkatkan," kata Anggono.


(mfi/nds)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed